29 Mar 2020, 04:31Infeksi

Nyeri saat buang air kecil, apa penyebabnya?

EC
Info Penanya: EC, Wanita, 24 Tahun
Selamat malam dok, saya sering BAK akhir2 ini dan setelah BAK terasa nyeri, namun urinnya tidak ada keanehan seperti biasa dan tidak ada bau yg menyengat juga. Hanya perih saja setelah BAK, itu kenapa dok? Dan ngimana cara mengatasinya?
23216 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang EC,Nyeri berkemih adalah kondisi yang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi saluran kemih, adanya trauma pada saluran kemih, trauma akibat hubungan seksual, kurang asupan cairan, adanya gangguan pada kandung kemih ataupun ginjal seperti infeksi atau batu.

Nyeri buang air kecil juga bisa disertai gejala lain seperti:

  • Nyeri perut bawah
  • Nyeri pinggang
  • Sering buang air kecil
  • Rasa tidak puas saat buang air kecil atau anyang-anyangan
  • Demam
  • Urine yang menjadi keruh
Untuk mengatasi gangguan saluran kemih dapat dilakukan beberapa hal seperti perbanyak minum air putih, hindari menahan keinginan berkemih, upayakan jika sedang haid tidak menggunakan pembalut lebih dari 3 jam, basuh kemaluan dengan air hangat dan keringkan sampai benar-benar kering dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil dan bisa konsumsi parasetamol untuk meredakan rasa nyeri.Jika keluhan tidak juga membaik, maka perlu dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti tes urine, lab darah ataupun USG jika diperlukan.Jika nyeri perut hebat, tidak bisa buang air kecil, nyeri pinggang hebat, demam tinggi, mual dan muntah maka perlu segera memeriksakan diri untuk mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihpenyakit saluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil