09 May 2020, 21:29Infeksi

Nyeri saat BAK dan susah BAB di sertai keluar darah

CC
Info Penanya: CC, Wanita, 23 Tahun
Selamat malam dok, saya mau tanya.Sudah beberapa hari ini saya susah BAB dan kadang pipis terasa nyeri. Baru td saya coba BAB kembali tp hasilnya nihil, malah keluar darah. Rasanya sudah mau keluar tp tidak bisa. Sempat saya berpikir mungkin besok sembuh, lalu saya biarkan saja. Tp lama lama mengganggu. Saya sudah coba makan makanan yang lebih banyak sampai buah pepaya, tetapi masih sakit. Apa kah saya punya penyakit ginjal?? Atau infeksi???Terimakasih seblumnya dok.
23185 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi CC,Nyeri saat buang air kecil adalah keluhan yang bisa timbul karena beberapa penyebab, dimana yang paling sering adalah karena infeksi saluran kemih, selain itu bisa juga disebabkan karena batu saluran kemih ataupun peradangan di uretra ataupun di kandung kemih.Kondisi ini sering kali dipicu oleh kebiasaan menahan keinginan buang air kecil, kurang asupan cairan ataupun kebersihan organ intim yang kurang baik. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan urine untuk memastikan apakah ada infeksi pada saluran kemih atau tidak.Jika ada infeksi saluran kemih maka perlu memperbanyak minum air putih dan tidak menahan keinginan buang air kecil. Nantinya juga akan diberikan antibiotik spesifik untuk mengatasi masalah buang air kecilnya.

Sulit BAB dan disertai keluar darah

Untuk buang air besar yang sulit dan keluar darah sendiri bisa disebabkan oleh wasir atau ambeien, adanya luka di anus atau di sebut fisura ani, adanya abses di anus atau kumpulan nanah ataupun penyebab lain. Beberapa upaya yang bisa dilakukan diantaranya:
  • Perbanyak asupan serat dengan mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari terlalu banyak dan terlalu lama duduk
  • Aktif bergerak seperti olahraga rutin
  • Hindari menahan buang air besar dan jangan paksakan mengejan jika sulit buang air besar
  • Konsumsi obat pencahar jika diperlukan
Jika keluhan tidak membaik maka segera periksakan pada dokter. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi saluran kemihsaluran kemihwasir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil