31 Oct 2019, 07:51Penyakit Lainnya

Nyeri saat BAK, BAK lebih sering

MM
Info Penanya: MM, Wanita, 23 Tahun
halo dok..dok saya mau nanya, sudah 2 hari ini saya buang air kecil nxa sering banget dok, terus pas waktu buang air kecilnya, nyeri pada daerah kewanitaan saya sakit nya itu ngk bisa d tahan dok.....itu gimana y dok ??
37562 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Christine Verina
(0)
Selamat siang, BuTerima kasih atas pertanyaannyaBuang air kecil atau kencing menjadi lebih sering (anyang - anyangan) yang disertai dengan nyeri pada area kewanitaan merupakan pertanda dari gangguan saluran kemih. Nyeri BAK lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Hal ini disebabkan karena saluran kencing wanita letaknya berdekatan dengan saluran BAB (anus). Berbeda dengan pria yang salurannya berletakan agak jauh. Gejala yang Anda alami, dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, yaitu :
  • Infeksi saluran kemih (ISK)
ISK dapat terjadi di semua saluran kemih, nulai dari ginjal, ureter, urethra, dan kandung kemih. Gejala yang timbul dapat berupa nyeri kencing, kencing tidak lancar, tersendat - sendat, kencing tidak tuntas, hingga demam dan nyeri perut. Untuk mendiagnosa ISK, selain dari gejala dapat dilakukan beberapa tes seperti urinalisa lengkap, USG, maupun foto rontgen. Tes pemeriksaan tersebut didapatkan dari pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.
  • Batu Saluran Kemih (BSK)
Sama seperti ISK, BSK dapat ditemukan di semua saluran kemih. Gejala yang timbul, tergantung dari lokasi batu berada. BSK harus ditangani oleh dokter spesialis urologi dan kondisi tertentu memerlukan penanganan operatif. PMS memiliki predileksi yang sama antara pria dan wanita. PMS dapat ditemukan pada seseorang yang aktif secara seksual dan ditularkan melalui hubungan seksual dan pertukaran cairan tubuh. Adanya infeksi pada organ kewanitaan dapat menyebabkan nyeri saat BAK. Namun kondisi PMS jarang disertai dengan meningkatnya frekuensi BAKKondisi Anda sebaiknya dikonsultasikan ke dokter spesialis agar diterapi secara tepat. Jagalah selalu kebersihan organ kewanitaan dan hindari kondisi yang lembab. Perbanyak minum air putih dan jalankan gaya hidup sehat agar tubuh selalu dalam kondisi fit.Salam sehat,dr. Christine V
batu ginjalinfeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihsaluran kemihpenyakit saluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil