nyeri rahang bawah tanpa disertai benjolan

H Info Penanya: H, Pria, 2019 Tahun
"Dokter, saya ingin bertanya, saya mngelami sakit di bagian rahang bawah di leher sebelah kiri, sakit ketika di tekan dan sangat menganggu aktifitas saya, saya sudah mengalami 2 hari belakangan ini, tapi saya tidak menemukan benjolan, kira kira saya terkena apa ya dok?"
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang H,

Nyeri pada rahang bawah di sebelah kiri dapat timbul karena berbagai sebab, karena daerah tersebut terdiri dari tulang, otot, sendi persarafan, dan dekat dengan gigi, mulut, bahkan telinga. 

Nyeri di rahang dari segi waktu bisa berlangsung dalam waktu singkat (akut) atau lama (kronis), pada anda,nyeri yang terjadi dalam 2 hari, artinya masuk kategori nyeri akut.

Ada beberapa penyebab dari nyeri rahang , antara lain :

  1. Terdapat gangguan pada gigi dan gusi. Apabila terdapat gigi yang berlubang, terdapat infeksi pada gigi dan gusi, ataupun gigi yang retak, terutama pada daerah bagian yang sakit, kemungkinan besar nyeri rahang bawah disebabkan oleh masalah pada organ tersebut. Apabila masalah pada di gigi tidak diatasi, maka biasanya nyeri akan terjadi berulang. Segera periksakan diri ke dokter gigi, untuk mengatasi masalah tersebut apabila anda mengalami gangguan yang saya sebutkan diatas.
  2. Trauma seperti benturan pada area rahang bawah.
  3. Gangguan sendi rahang, seperti radang sendi, dan juga gerakan tiba2 seperti saat tertawa ataupun batuk yang terlalu keras, dan kebiasaan mengertakkan gigi juga dapat menyebabkan nyeri rahang bawah.
  4. Penyebab lain 

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengurangi nyeri:

  • gunakan penghilang nyeri bebas yang dijual bebas seperti parasetamol ataupun ibuprofen apabila nyeri mengganggu aktifitas
  • berkumur dengan air hangat dan garam dipercaya dapat mengurangi nyeri rahang akibat masalah gigi dan mulut
  • kompres dingin untuk mengurangi nyeri pada bagian tersebut

Saya sarankan periksakan diri anda ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Terimakasih atas pertanyaannya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Patricia Oktaviani

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Retakan pada gigi dapat membuat lapisan gigi menjadi lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin

4 Penyebab Gigi Ngilu Selain Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Gigi ngilu dapat menghambat aktivitas, terutama saat makan dan minum. Penyebab gigi ngilu, antara lain gigi retak, resesi gusi, abses gigi, dan radang gusi. Keempat gangguan gigi terebut dapat menyebabkan peradangan pada saraf yang memicu rasa ngilu di gigi.