02 Jan 2020, 22:59Gigi & Mulut

Cara mengatasi sakit pada gigi berlubang

P
Info Penanya: P, Wanita, 27 Tahun
Dok cara menghilangkan nyeri sakit gigi gimana dok... Kalau secara alami.. saya udah minum obat dan pakai air garam tp ga mempan dok.. sakit banget rasanya nyut nyutan trs.. cara mengatasi nya gimana ya? Krna gigi sy berlubang
28522 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, P.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Sakit gigi merupakan sensasi rasa nyeri di bagian dalam gigi atupun di sekitar gigi. Terkadang rasa nyeri dapat muncul pada bagian gusi dan rongga mulit. Sakit gigi umumnya terjadi ketika terdapat permasalahan pada saraf di daerah akar gigi ataupun adanya kondisi iritasi di sekitar gigi. 

Beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab sakit gigi diantaranya :

  • gigi berlubang
  • tambalan gigi yang rusak
  • abses gigi
  • fraktur gigi
  • gigi yang bergemeretak
  • infeksi gusi
Faktor-faktor diatas menimbulkan sensasi nyeri pada gigi ketika terjadi peradangan pada bagian tengah gigi atau pulpa yang berisi ujung saraf yang sangat sensitif pada rasa sakit.Terkait dengan keluhan gigi berlubang yang Anda alami, pada dasarnya perawatan menyeluruh pada gigi tersebut perlu untuk dilakukan untuk mencegah nyeri yang terus menerus ditimbulkan. Apabila gigi yang berlubang sudah mencapai lapisan yang lebih dalam yaitu enamel dan dentin, dokter umumnya akan menyarankan prosedur penambalan guna menghindari bagian yang sangat sensitif terhadap rangsang nyeri tersebut, terpapar oleh makanan dan minuman dengan suhu ekstrim sehingga nyeri semakin hebat, serta kerusakan gigi yang dapat menjadi lebih parah.Maka dari itu, ada baiknya Anda segera memeriksakan kondisi gigi Anda pada dokter gigi terdekat. Dokter gigi mungkin akan memberikan resep terlebih dahulu untuk meredakan sakit gigi yang dirasakan sebelum menyarankan prosedur tindakan lebih lanjut.

Untuk sementara, jika Anda sudah mencoba berkumur dengan air garam tetapi tidak membaik, Anda dapat mencoba cara alami lainnya seperti :

  • menggunakan kompres dingin dengan es batu
  • menggunakan bawang putih 
  • menggunakan minyak cengkeh
  • menggunakan daun jambu biji
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil