04 Feb 2021, 13:53Kandungan

Sakit perut bawah kanan saat haid apa penyebabnya?

NL
Info Penanya: NL0
Dok saya mau tanya, saya kan memakai kb iud sudah 2th, dan sekarang saya sedang menstruasi, perut sebelah kanan bagian bawah itu terasa nyeri lalu hilang,kadang nyeri sampai ke pinggang dan ke paha. Itu saya kenapa ya dok.
12309 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam NLNyeri saat menstruasi atau haid merupakan hal yang wajar terjadi. Nyeri haid biasanya dirasakan pada perut bagian bawah dan disertai dengan nyeri pinggul hingga paha.

Penyebab Nyeri Perut Bawah

Adanya nyeri perut kanan bawah bisa disebabkan beberapa kondisi. Kondisi-kondisi tersebut adalah:Amati apakah nyeri perut bawah kanan ini muncul hanya pada saat haid atau apakah setelah haid nyeri menetap atau bertambah berat. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui penyebabnya.Apabila yang anda khawatirkan adalah adanya IUD yang bergeser anda bisa memeriksakannya ke dokter spesialis kandungan secara rutin 6-12 bulan sekali. IUD yang bergeser sedikit biasanya tidak menimbulkan gejala kecuali bila bergesernya jauh dari posisi pemasangan awal maka bisa terjadi nyeri perut bawah yang hebat, perdarahan di luar siklus haid, tali IUD tersentuh dengan tangan atau penis pasangan merasa menyentuh IUD saat berhubungan.
infeksi saluran kemihsakit perutkista ovariumradang panggulendometriosisapendisitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil