08 Jan 2021, 08:08Penyakit Lainnya

Nyeri

PI
Info Penanya: PI0
Dok saya mau bertanya saya habis melakukan hubungan sek lalu setelah beberapa hari saya ketika buang air kecil iku terasa nyeri dan sakit pinggang
162 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore PISetelah melakukan hubungan seksual dapat menyebabkan berbagai rasa tidak nyaman pada beberapa bagian tubuh.

Penyebab sakit BAK dan sakit pinggang setelah berhubungan seksual

Salah satu keluhan yang sering ditemui setelah berhubungan seksual adalah nyeri saat kencing atau BAK. Nyeri BAK ini bisa disebabkan oleh 2 hal yaitu:

Iritasi

Nyeri BAK karena iritasi ini disebabkan oleh gesekan pada permukaan uretra (pintu kemih) saat melakukan hubungan seksual. Iritasi juga bisa disebabkan karena penggunaan sabun kewanitaan, pembalut atau parfum pada bagian organ intim.

Infeksi Saluran Kemih

Nyeri BAK juga bisa disebabkan infeksi saluran kemih karena kebiasaan menahan kencing saat atau setelah berhubungan seksual. Saluran kemih pada wanita yang lebih pendek menyebabkan rentan terkena infeksi. Hal ini juga dapat terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan organ intim setelah berhubungan seksual, BAK atau BAB. Keadaan yang kotor dan lembap menjadi sarang kuman untuk berkembang biak.Sakit pinggang yang timbul bisa juga disebabkan infeksi saluran kemih yang mengenai bagian atas dari saluran kemih. Selain itu sakit pinggang juga bisa disebabkan karena aktivitas seksual yang terlalu keras atau posisi yang kurang baik saat berhubungan. Untuk mengatasi keluhan yang dirasakan anda dapat melakukan beberapa hal berikut:
  • Membersihkan organ intim dengan air hangat dan sabun bayi saat mandi
  • Basuh dan keringkan dengan dilap dari arah depan ke belakang setelah BAB, BAK dan berhubungan
  • Kosongkan kandung kemih sebelum dan setelah berhubungan
  • Hindari menahan kencing
  • Minum air putih yang banyak
  • Hindari penggunaan sabun kewanitaan atau pembalut yang berparfum
  • Hindari seks bebas
  • Kompres hangat pada pinggang yang sakit
Bila keluhan tidak membaik anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi untuk diberikan penanganan yang tepat sesuai penyebab.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
infeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihpenyakit menular seksualsakit pinggang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil