nyeri punggung terasa sakit dari posisi duduk ke berdiri

D Info Penanya: D, Wanita, 2019 Tahun
Halo Dok, mau tanya, ibu saya usia 43 tahun. Sudah ada 3 bulan ini punggungnya terasa sakit. Kalau dari posisi duduk, kemudian hendak berdiri, sangat kesakitan. Kemudian kalau berjalan seperti nenek tua yang bungkuk. Sudah saya bawa periksa ke dokter, katanya kecapekan saja. Ada yang bilang karena masuk angin.Seharusnya, saya bawa ibu saya periksa ke dokter spesialis apa ya? Dan kira-kira kenapa itu, Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selama malam D

Keluhan nyeri punggung yang dicetuskan perubahan posisi duduk dan berdiri dapat menjadi tanda masalah pada tulang belakang, hal ini bisa terjadi akibat beberapa proses seperti nyeri otot mialgia pada punggung, adanya proses penuaan radang sendi tulang belakang/ spondilosis. Kondisi lain yang juga dapat mencetuskan nyeri punggung adalah pecahnya bantalan sendi tulang belakang sehingga menekan saraf / HNP. 

Saya sarankan agar ibu anda jangan terlalu banyak bergerak selama nyeri timbul, melakukan kompress dengan cairan dingin atau krim/salep yang mengadung mentol dingin, hindari mengangkat beban berat. Untuk tatalaksana nyeri sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis Saraf (Sp.S) atau dokter spesialis tulang (Sp.OT). 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit punggung sebelah kiri yang terjadi berulang dan sangat parah pertanda gangguan di organ dalam

7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri yang Perlu Anda Waspadai

Sakit punggung pada bagian kiri adalah 'sinyal' gangguan di organ dalam tubuh. Penyebab sakit punggung sebelah kiri perlu dikenali agar bisa mengetahui tindakan pengobatan yang bisa dilakukan baik medikasi, suntik, penggunaan penyangga tulang (brace), hingga operasi.