Nyeri punggung karena menyusui apakah ada cedera?

KS Info Penanya: KS, Wanita, 32 Tahun
Dok sy ibu menyusui. Anak sy usia 20 bln. Anak sy nyusu sblh kiri doang. Tiap mlm sy menyisui miring ke kiri terus smpe pegel rasanya. Skrg tiap bangun tidur tulang punggung sy sakit banget dok. Apakah ini cedera tulang. Mohon penjelasan nya dok. Terimakazih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KS,

Sakit punggung saat menyusui bisa timbul karena beragam hal mulai dari posisi tubuh, postur tubuh yang kurang baik saat menyusui, berat anak yang terus bertambah, adanya gangguan pada tulang belakang, ataupun adanya penyebab lainnya yang memicu sakit punggung.

Untuk itu perlu perhatikan posisi saat menyusui agar badan tidak condong ke satu sisi, bisa juga dilakukan dengan duduk di tempat duduk yang nyaman agar posisi tulang punggung tidak terbebani pada satu sisi dan berat anak tidak terlalu membebani. Upayakan juga tidak menyusui hanya dengan sebelah payudara, jika memang sulit tetap pompa sisi payudara sebelah kanan. 

Jika terasa nyeri bisa dilakukan kompres di area punggung yang nyeri, perbaiki postur tubuh, lakukan peregangan untuk mengurangi nyeri yang timbul dan bisa konsumsi parasetamol untuk mengurangi nyeri. Jika masih berlanjut maka perlu dilakukan pemeriksaan. 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menerapkan posisi duduk yang benar saat bekerja di depan komputer akan membuat Anda terhindar dari sakit leher dan punggung

Seharian di Depan Laptop atau Komputer? Cek Posisi Duduk yang Benar

Ketika Anda merasa pegal saat berada di depan komputer, bisa jadi posisi duduk Anda salah. Posisi duduk yang benar memastikan tidak ada bagian tubuh tertentu yang mendapat tekanan terlalu besar atau otot yang diforsir kerjanya.