11 May 2021, 16:37Perut

Nyeri lambung hingga ke punggung dan dada

QR
Info Penanya: QR0
Dok, hampir seminggu saya sakit lambung, namun sudah berangsur membaik. Saat sakit itu punggung saya juga merasakan nyeri, yang menjalar ke dada. Rasanya cenut - cenut. Tidak seperti tertimpa benda berat. Saya juga tidak sesak, tidak mual dan muntah, tidak juga batuk. Setiap hari saya cek dengan oxi meter oksigen saya berkisar 96-99 ,denyut nadi 66-80. Apakah nyeri itu salah satu sebab sakit lambung? Namun ketika sakit lambung saya membaik, punggung dan dada saya kok masih terasa nyeri ya dok?
370 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo Q,Nyeri perut dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung, penyebabnya adalah perut kosong dan terlambat makan, makan makanan yang menyebabkan peningkatan asam lambung, stress, berbaring setelah makan membuat rasa tidak nyaman, langsung beraktifitas setelah makan, maupun konsumsi kopi sebelum makan.Gejala yang dapat terjadi saat peningkatan asam lambung adalah kembung, nyeri, perih ata panas di ulu hati, mual, muntah hingga muncul rasa pahit di mulut dan panas ditenggorokan.

Cara mengatasi nyeri lambung

Pengobatan sakit lambung adalah dengan melakukan pola makan yang baik, antara lain menghindari penyebab peningkatan asam lambung diatas dan makan dengan porsi yang sedikit namun sering. Selain itu, selalu bawalah obat pereda asam lambung agar jika sewaktu-waktu nyeri lambung kambuh, obat dapat langsung dikunyah. Obat tersebut adalah antasida dengan dosis penggunaan 3x sehari saat perut kosong.Nyeri lambung seharusnya memang dapat terjadi hingga ke dada, namun nyeri ini umumnya tidak dirasakan hingga ke punggung, untuk amannya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam agar Anda dapat yakin bahwa tidak ada penyakit lain yang menyertai keluhan Anda saat ini.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungmaagdispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil