Nyeri punggung dan sesak nafas saat bangun tidur, bagaimana solusinya?

SP Info Penanya: SP, Pria, 34 Tahun
Dada belakang / punggung terasa nyeri dan sesak nafas saat bangun tidur, solusinya bagaimana?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SP

Nyeri yang anda rasakan saat bangun tidur kemungkinan akibat dari aktivitas sebelumnya. Jadi otot, sendi dan tulang mengalami pegal, kaku dan memberi sinyal nyeri ke otak anda. Nyeri punggung bisa akibat gangguan di tulang, otot atau saraf daerah punggung. Sedangkan sesak napas anda bisa akibat saat bernapas terjadi kontraksi dari otot dada yang ujungnya ada di daerah belikat, atau bisa juga akibat dari gangguan paru-paru, jantung atau lambung anda.

Cara mengatasinya perbaiki postur anda bisa saat anda bekerja jangan terlalu membungkuk serta saat berdiri harus lebih tegap. Bila anda suka beraktivitas olahraga, jangan lupa untuk proses pendinginan otot dan sendi anda setelah olahraga. Anda bisa mengurangi nyeri menggunakan obat nyeri minum atau salep, serta bisa dengan melakukan kompres hangat bergantian dengan dingin.

Bila keluhan anda masih berlanjut, sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik langsung dengan Dokter serta pemeriksaan tambahan yang dirasakan perlu oleh Dokter.

Gejala Sakit Punggung dan Pengobatannya

Mencegah Nyeri Otot Punggung, Bagaimana Caranya?

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Radang sendi pada penderita asam urat dapat dicegah dengan menjaga pola makan

Apa Saja Makanan untuk Penderita Asam Urat yang Boleh Dikonsumsi?

Radang sendi akibat penyakit asam urat atau gout arthritis merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Radang sendi akibat asam urat dapat ditangani dengan menjaga pola makan agar kadar asam urat dalam tubuh kembali normal. Salah satunya dengan tidak mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi.