Nyeri punggung dan sesak nafas saat bangun tidur, bagaimana solusinya?

SP Info Penanya: SP, Pria, 34 Tahun
Dada belakang / punggung terasa nyeri dan sesak nafas saat bangun tidur, solusinya bagaimana?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SP

Nyeri yang anda rasakan saat bangun tidur kemungkinan akibat dari aktivitas sebelumnya. Jadi otot, sendi dan tulang mengalami pegal, kaku dan memberi sinyal nyeri ke otak anda. Nyeri punggung bisa akibat gangguan di tulang, otot atau saraf daerah punggung. Sedangkan sesak napas anda bisa akibat saat bernapas terjadi kontraksi dari otot dada yang ujungnya ada di daerah belikat, atau bisa juga akibat dari gangguan paru-paru, jantung atau lambung anda.

Cara mengatasinya perbaiki postur anda bisa saat anda bekerja jangan terlalu membungkuk serta saat berdiri harus lebih tegap. Bila anda suka beraktivitas olahraga, jangan lupa untuk proses pendinginan otot dan sendi anda setelah olahraga. Anda bisa mengurangi nyeri menggunakan obat nyeri minum atau salep, serta bisa dengan melakukan kompres hangat bergantian dengan dingin.

Bila keluhan anda masih berlanjut, sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik langsung dengan Dokter serta pemeriksaan tambahan yang dirasakan perlu oleh Dokter.

Gejala Sakit Punggung dan Pengobatannya

Mencegah Nyeri Otot Punggung, Bagaimana Caranya?

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab nyeri punggung bisa bermacam-macam seperti osteoporosis, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahuinya

Inilah Penyebab Nyeri Punggung dan Cara Mengatasinya

Nyeri punggung datang secara mendadak dan menimbulkan rasa sakit saat bergerak. Penyebab nyeri punggung berbeda-beda, tergantung pada lokasi nyeri. Penyebab nyeri punggung dapat diakibatkan oleh penyakit artritis, berupa osteoartritis, dan juga dapat disebabkan oleh osteoporosis.