Nyeri pinggang yang menjalar hingga bagian paha, apa penyebabnya ?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 1 Tahun
dok. saya ibu tiga anak usia 30 tahun. . belakangan saya merasakan nyeri di bagian pinggang kiri yang menjalar ke bagian paha. kadang saya kesulitan untuk berdiri tapi jika sudah dalam posisi brdiri dan brjalan saya tidak merasakan nyeri. hnya saya kesulitan untuk melakukan aktifitas saat bungkuk dan jongkok. akan terasa sangat nyeri dari pinggang menjalar ke bagian paha. dg timbul rasa panas pegal serta nyeri. . . mohon pnjlsannya dok. trmksih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AS.

Nyeri pinggang yang menjalar hingga bagian paha dapat terjadi karena berbagai kondisi. Umumnya keadaan nyeri tersebut dapat berhubungan dengan gangguan pada otot, tulang, sendi, hingga serabut saraf yang terletak di sekitar pinggang. 

Adapun berbagai kondisi medis yang dapat menimbulkan keluhan nyeri pinggang hingga paha, diantaranya ialah :

Mengenai keluhan yang Anda alami, ada baiknya untuk diperiksakan lebih lanjut karena dapat bersifat ringan hingga serius. Salah satu keadaan yang cukup serius adalah HNP atau saraf terjepit. Pada keadaan tersebut umumnya dibutuhkan perawatan intensif, dan apabila sudah tidak dapat dilakukan dengan terapi obat atau medikamentosa maka akan dibutuhkan tindakan tertentu seperti fisioterapi atau bahkan operasi.

Untuk sementara hindari mengangkat barang yang berat, kompres hangat atau olehkan krim hangat pada bagian yang nyeri dan jika dibutuhkan Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek. Apabila dalam beberahari kedepan nyeri dirasakan memberat, segeralah periksakan pada dokter Spesialis Saraf.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memar tulang dapat sembuh sendiri

Apakah Ada Obat Memar Tulang yang Manjur?

Memar identik dengan warnanya yang biru-kehitaman, tetapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa mengalami memar di tulang? Memar tulang dapat terjadi ketika ada cedera pada permukaan tulang. Faktanya, dokter tidak akan memberikan obat memar tulang tertentu dan biasanya hanya menyarankan penderita untuk mengompres daerah memar tulang dengan kantongan es batu.