Nyeri pinggang sebelah kanan, apakah penyebabnya?

N Info Penanya: N, Wanita, 28 Tahun
Selamat malam dok .. dok saya ingin bertnya kenapa pinggang disebelah kanan saya sakit sdh beberapa hari ini
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri pinggang dalam bentuk terasa pegal linu atau kram tertusuk? Dan apakah nyerinya hilang timbul? Kemungkinan nyerinya bisa berasal saluran kemih anda bila ada juga keluhan ruam, demam, pusing, mual, muntah, sembelit, diare, kencing ada darah, atau nyeri saat kencing. Bila ada keluhan tersebut sebaiknya melakukan evaluasi dengan Dokter Spesialis Urologi untuk pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan diagnosis yang tepat.

Dokter akan menanyakan lokasi nyeri, kapan dimulainya, seperti apa nyerinya, seberapa sering dan lama durasinya terasa nyeri. Dan apakah disertai gejala lain. Kemudian dokternya akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti laboratorium darah, air kencing dan bila diperlukan USG atau rontgen. Jangan lupa banyak minum dan bila sudah ingin kencing jangan ditahan ya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Begini Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih yang Benar agar Tak Kambuh Lagi

Infeksi Saluran Kemih (ISK) bisa disembuhkan, namun dapat kambuh lagi. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan infeksi saluran kemih kambuh, antara lain sistem imun yang lemah dan kebersihan organ intim yang tidak terjaga. Cara mengobatinya dengan memberikan antibiotik oleh dokter.