Nyeri pinggang sampai mengganggu aktivitas, gejala sakit apa?

T Info Penanya: T, Pria, 2019 Tahun
area pinggang trsa nyeri dan sakit . Smpai mengganggu aktivitas. Gejala sakit apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, T

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri pinggang bisa terjadi tiba-tiba pada kasus cedera akibat jatuh atau mengangkat beban berat. Pada kasus kronis yang sudah lama dirasakan biasanya akibat gangguan di otot atau jaringan ikat, gangguan di bantalan tulang, radang sendi, bentuk tulang belakang yang abnormal atau osteoporosis.

Faktor yang menyebabkan sakit pinggang yaitu pada usia diatas 30 tahun, tidak berolahraga teratur, berat badan berlebih, salah posisi saat mengangkat benda berat, merokok atau stres psikis. Penanganannya tergantung penyebabnya sehingga saran saya anda evaluasi langsung dengan Dokter dan kemungkinan akan diminta pemeriksaan laboratorium darah dan air seni, radiologi seperti rontgen, CT Scan atau MRI bila diperlukan. Saya lampirkan artikel mengenai cara menangani sakit pinggang di rumah untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melakukan pelvic tilts dapat mengatasi sakit pinggang, serta memperkuat otot pinggang perut dan otot tungkai

Usir Rasa Sakit Pinggang yang Mengganggu dengan Gerakan-gerakan Ini

Sakit pinggang dapat diatasi dengan melakukan gerakan latihan tubuh, seperti pelvic tilts dan eksistensi pinggang. Gerakan itu dapat meredakan sakit pinggang, serta memperkuat otot pinggang perut dan otot tungkai.