Nyeri pinggang, perut keras dan nyeri jika ditekan. Nafas menjadi sesak, apa penyebabnya?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau bertanya kenapa ya akhir akhir ini pinggang saya itu sering sakit perut juga terasa keras dan juga sakit jika di tekan dan nafas saya juga agak sesak itu kenapa ya dok mohon bantuanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RDA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri pinggang biasanya disebabkan akibat radang di organ sekitar pinggang. Seperti organ kandungan pada wanita, saluran kencing dan saluran pencernaan. Pada wanita penyebab paling sering adalah infeksi atau radang saluran kencing serta nyeri / kram menstruasi. 

Apakah nyeri perutnya terletak di perut kiri atau kanan? Bagian atas atau bawah perut karena penyebabnya bervariasi berdasarkan lokasinya. Nafas menjadi sesak karena saat anda menarik nafas rongga dada menekan perut yang mengecil sehingga nafas menjadi terhambat karena terasa sakit.

Anda memerlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan laboratorium darah, kencing atau USG tergantung keputusan Dokter yang mengevaluasi anda. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kemacetan membawa dampak buruk bagi kesehatan, berupa stres, sakit punggung, nyeri kaki, serta gangguan pernapasan.

Selain Stres, Ini Penyakit yang Diakibatkan Kemacetan

Bukan hanya merugikan secara waktu, dampak kemacetan terhadap kesehatan juga tidak dapat diremehkan. Stres hanyalah salah satu dampak negatifnya.