Nyeri pinggang kanan, perokok dan susah tidur. Apa penyebabnya ya?

T Info Penanya: T, Wanita, 47 Tahun
Suami sya suka merasakan sakit pinggng sebelah kanan dia perokok dan sush tidur pa penyebabnya ya doktr
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TY

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri pinggang biasanya paling sering terkait dengan saluran kencing, apakah ada radang akibat batu atau infeksi. Selain itu bisa juga akibat saluran pencernaan misalnya usus buntu belum bisa disingkirkan atau gangguan otot dan saraf sekitar pinggangnya.

Merokok mungkin bisa terkait dengan gangguan tidurnya. Karena nikotin mengakibatkan sel saraf lebih aktif. Bila saat sulit tidur suami anda merokok maka efeknya makin terakumulasi. 

Sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti laboratorium darah dan urine untuk mengetahui penyebab nyeri pinggangnya.

Salam Sehat,

Dr. Andre Zaini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penangkal mimpi buruk tidak selalu berkaitan dengan hal-hal mistis, tetapi bisa dilakukan secara ilmiah

Ini Dia Penyebab dan Penangkal Mimpi Buruk Secara Ilmiah

Hampir semua orang pernah mengalami mimpi buruk. Mimpi buruk membuat kita terbangun dari tidur sehingga mengganggu istirahat. Beberapa orang bahkan pernah mengalami mimpi buruk berkelanjutan sehingga sulit tidur. Mimpi buruk juga sering dikaitkan dengan hal mistis. Beberapa orang yang mengalami hal ini seringkali mencari penangkal mimpi buruk dengan berkonsultasi ke paranormal. Padahal penyebab dan penangkal mimpi buruk bisa dipandang dari sudut ilmiah, lho.