Nyeri pinggang dan perut yang berpindah-pindah. Mudah terasa kenyang dan badan panas dingin.

KS Info Penanya: KS, Wanita, 18 Tahun
Slmt sore dok, saya udh bbrp hari ini mengalami sakit pinggang, dan sakit perut yg berpindah² hingga ke atas dan kebagian bawah perut, dan perut terasa penuh sehingga makan sedikit saja terasa sudah sangat kenyang, dan kulit saya kering serta ada rasa gatal tp tdk terlalu sering, dan badan mengalami panas dingin itu mengapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, KS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri pinggang bila disertai gangguan buang air kecil seperti frekuensi bertambah atau terasa perih/panas bisa saja gejala infeksi saluran kemih. Ditambah pula Anda juga merasa meriang. Jangan lupa untuk banyak minum dan jangan menahan kencing. Kemudian kulit kering dan gatal biasanya karena iritasi kulit akibat polusi atau cuaca panas. Bisa Anda atasi dengan menggunakan pelembab.

Kemudian untuk nyeri perut yang berpindah-pindah dan terasa penuh adalah gerakan dari gas dalam pencernaan. Biasanya pencernaan lebih aktif akibat sesuatu yang dimakan kurang cocok dengan perut Anda. Bisa karena terlalu pedas, asam atau berminyak. Selain itu bisa terasa mual seperti mau muntah dan panas di daerah perut. Kumpulan gejala-gejala pada pencernaan ini disebut dengan dispepsia. Hindari makanan yang saya sebut di atas dan hindari kopi, alkohol dan rokok.

Mengingat banyak gejala yang Anda alami coba Anda mengurangi stres dan mencoba mencari kegiatan untuk relaksasi seperti olahraga, mendengarkan musik atau yoga/meditasi. Bila keluhan Anda tidak membaik maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Lebih jelasnya mengenai stres dan gejalanya bisa dibaca di tautan artikel ini.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan stres akut dapat diatasi dengan bermain alat musik, berkebun, melukis, ataupun menulis

Daftar Hobi yang Positif untuk Menjaga Diri dari Gangguan Mental

Anda mungkin mengira, bahwa hobi hanyalah kegiatan untuk mencari rasa senang. Lebih dari itu, hobi yang positif ternyata dapat membantu menjaga kesehatan mental Anda, serta memulihkan dari gejala gangguan mental. Berikut ini daftar hobi yang bermanfaat untuk kondisi psikologis Anda.