Nyeri pinggang bawah

AR Info Penanya: AR, Pria, 39 Tahun
Dear Dokter,Saya mengalami nyeri di pinggang kurang lebih dua minggu ini, awalnya setelah mengemudi ke Sukabumi dalam kondisi macet. Saya memiliki riwayat HNP di L5-S1 sejak 2010. Namun gejala yang saya rasakan saat ini berbeda dengan gejala pada saat saya didiagnosa HNP dan Spondylosis, dulu gejalanya adalah baal, nyeri seperti disetrum atau ditusuk dan kesemutan yang saat ini sudah sembuh setelah menjalani fisioterapi. Sedangkan gejala saat ini adalah rasa nyeri seperti terkena benturan atau trauma pada tulang (saya bisa mengatakan demikian karena tulang rusuk kiri saya pernah retak karena jatuh), yang paling sakit adalah pada saat berdiri dari posisi duduk dan saat melakukan gerakan yang melibatkan pinggang, apalagi saat ini saya sedang flu & batuk, sakitnya luar biasa ketika bersin atau batuk. Sejak didiagnosa HNP saya menghentikan semua kegiatan atau olahraga yang dulu saya geluti seperti bulutangkis, beladiri dan gerakan yang memang harus dipantang seperti membungkuk dan mengangkat beban berat. Olahraga saya sekarang hanya berenang seminggu sekali dan joging 2 x seminggu, latihan body weight (push up, pull up & dips). Mohon advis dari dokter terkait kondisi saya saat ini, apakah masih terkait dengan HNP atau ada kondisi lain yang baru muncul sekarang. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak ARH,

Duduk terlalu lama menyebabkan tekanan pada tulang belakang dan otot-otot yang menahan punggung dan panggul. Seperti informasi yang Bapak berikan rasa sakit ini disebabkan setelah mengemudi dalam waktu yang lama. Kemungkinan yang dialami adalah yang dikenal dengan nama nyeri pinggang bawah atau “low back pain (LBP)”.

Penyebab LBP ada macam-macam antara lain :

    • Adanya tekanan pada susunan syaraf tepi di daerah pinggang atau adanya syarat terjepit didaerah pinggang.
    • Terjepitnya syaraf ini dapat terjadi karena adanya gangguan dari otot dan jaringan disekitar syaraf, gangguan pada tulang belakang, trauma tulang belakang, dan kelainan lainnya pada tulang belakang.
    • Infeksi pada ginjal dan batu ginjal
    • Infeksi dan gangguan pada organ reproduksi
    • Kehamilan
    • Tumor pada tulang belakang, atau metastase pada tulang belakang

 

 

Gejala LBP adalah antara lain :

  • Nyeri otot
  • Nyeri seperti tertusuk dan nyeri tajam
  • Rasa tidak nyaman sampai rasa nyeri didaerah pinggang
  • Nyeri menjalar sampai tungkai bawah dan kaki
  • Gerak sendi atau flesibilitas punggung menjadi terbatas
  • Sulit untuk bergerak dan berdiri tegak

Pada umumnya keluhan LBP akan membaik dengan perawatan, istirahat yang cukup dan memberikan obat penghilang rasa sakit. Namun bila sakit tidak berkurang diperlukan perawatan lebih intensif dengan fisiotherapy dan penanganan sesuai penyebabnya.

Sebaiknya segera kunjungi Dokter Spesialis Syaraf (SpS) terdekat atau Dokter yang sebelumnya menangani keluhan HNP pada Bapak, untuk berkonsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita ankylosing spondylitis berisiko tinggi mengalami patah tulang sehingga membutuhkan vitamin D

Vitamin untuk Tulang dan Sendi Bagi Penderita Ankylosing Spondylitis

Ankylosing spondylitis adalah kondisi tulang belakang dan sendi yang rapuh dan rentan patah. Penderita ankylosing spondylitis membutuhkan vitamin D dan vitamin B12 untuk menjaga kepadatan tulang.