Apa itu pre menstrual syndrome?

SU Info Penanya: SU, Pria, 22 Tahun
Dok sudah 3 bulan ini setiap mau haid masih kurang 10 hari dari tanggal seharusnya haid tapi perut sudah terasa nyeri seperti saat haid. Kira2 kenapa ya dok ? Sebelumnya sakit hanya saat hari pertama haid, tapi 3 bulan ini sebelum haid sudah terasa sakit.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Pre-menstrual syndrome adalah kumpulan gejala yang dirasakan oleh seorang wanita 7-14 hari sebelum menstruasi datang. Gejala tersebut bisa timbul dari segi fisik seperti kram perut, nyeri payudara, munculnya jerawat, atau kembung; maupun dari segi psikologis seperti ingin mengonsumsi makanan tertentu atau menjadi cepat marah.

Hal yang Anda alami, yaitu nyeri perut sepuluh hari sebelum haid adalah salah satu gejala pre-menstrual syndrome. Apabila nyeri perut menghilang setelah haid muncul, maka hal ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan secara berlebih, ya.

Untuk mengurangi nyeri, Anda dapat mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas seperti parasetamol, sesuai dosis. Atau, anda dapat mengonsumsi obat alami seperti air rebusan kunyit atau jahe. Selain itu, kompres hangat pada bagian perut yang nyeri juga dapat membantu. 

Tetapi, apabila nyeri perut sebelum menstruasi tersebut sangat hebat sampai Anda tak bisa bergerak atau beraktivitas, bisa jadi ada masalah lain seperti PCOS atau kista ovarium. Atau, apabila nyeri perut tidak hilang sampai setelah haid, bisa jadi nyeri berasal dari organ lain seperti kandung kemih atau usus. Jika demikian, disarankan agar Anda segera berkonsultasi kepada dokter untuk memastikan penyebabnya.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil tapi haid tidak mungkin terjadi

Hamil tapi Haid, Mungkinkah Terjadi?

Ada sebagian orang yang merasa dirinya mengalami haid saat hamil. Ketika hamil, vagina memang dapat mengeluarkan darah dari vagina. Namun, hamil tapi haid itu sebenarnya tidak mungkin terjadi.