Nyeri perut sebelah kiri dan disertai demam

SU Info Penanya: SU, Pria, 28 Tahun
permisi dok saya mau bertanya perihal penyakit yang saya alami, sudah hampir 6 bulan ini saya merasakan sakit di perut sebelah kiri saya, namun tidak terjadi terus menerus, kadang hanya 2 hari dan hilang, namun kejadian lagi sebulan kedepan , dan hari ini dimulai kemarin saya merasakan hal yang sama dok, nyeri dibagian perut sebelah kiri, dan disertai Demam mulai dari semalam, apa ya dok kira kira penyakit yang saya alami, saya tidak muntah / diare, malah susah BAB selama 3 hari ini thx dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A, 

Sakit perut sebelah kiri adalah keluhan yang bisa timbul karena masalah pencernaan, masalah otot, masalah ginjal, masalah saluran kemih ataupun penyebab lain. Masalah pencernaan sendiri bisa karena maag, penyakit asam lambung ataupun bisa karena konstipasi.

Seringnya kondisi ini terjadi karena kebiasaan sehari-hari yang tidak baik, jadi bisa kambuh-kambuhan. Kebiasaan seperti tidak teratur dalam menjaga pola makan dan asupan makan, banyak mengonsumsi minuman berkafein, kurang minum air putih ataupun bisa karena kurang asupan serat.

Jadi untuk mengatasi gejala sakit perut dan demam bisa dilakukan beberapa hal seperti:

  • Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas perhari
  • Perbanyak asupan serat seperti sayur dan buah
  • Minum obat penurun panas jika demam lebih dari 37,5 derajat celcius
  • Minum obat pencahar seperti sirup laktulosa jika sulit buang air besar
  • Minum obat maag sebelum makan
  • Hindari makanan yang mengiritasi lambung dan hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, soda

Jika demam lebih dari 3 hari, ada mual dan muntah, nyeri perut hebat, segera periksakan diri pada dokter terdekat. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan urine, USG ataupun pemeriksaan lain yang dibutuhkan agar dapat dilakukan pengobatan sesuai dengan penyebab kondisi yang Anda alami. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

memberikan vaskin cacar air pada anak mencegahnya terkena penyakit saat dewasa

Pentingnya Vaksin Cacar Air untuk Masa Depan Anak

Vaksinasi cacar air pada anak itu merupakan hal yang wajib. Jika anak terkena cacar air pada usia beranjak dewasa malah akan mengganggu aktivitas sekolahnya sama seperti siswa bernama Jerome Kunkel di Amerika Serikat.