Nyeri perut sebelah kiri bawah sampai dengan setengah badan?

IP Info Penanya: IP, Wanita, 2019 Tahun
dok saya ingin bertanya,, perut sebelah kiri bawah saya sering sekali nyeri,, dan juga setengah badan saya sebelah kiri juga sangat nyeri
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, IPI

Terimakasih telah bertanya di Forum SehatQ.

Nyeri perut sebelah kiri bawah, ada beberapa organ di bagian tubuh tersebut. Dan nyerinya bisa menyebar ke bagian tubuh lain karena jaringan sarafnya yang sama.

Yang pertama adalah saluran reproduksi wanita, ada organ indung telur dan adnexa. Bisa saja anda mengalami radang di salah satu organ tersebut. Selain nyeri, anda bisa mengalami demam atau gangguan siklus menstruasi. Apabila anda terlambat datang bulan, ada baiknya anda diperiksa oleh Dokter Spesialis Kandungan untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut. Misalnya pemeriksaan laboratorium darah dan urine serta dilakukan pemeriksaan USG.

Yang kedua adalah saluran pencernaan, organ yang bisa terlibat adalah lambung, usus kecil dan besar serta pankreas. Anda juga bisa mengalami radang di organ-organ tersebut bisa akibat infeksi atau iritasi dari zat yang masuk pencernaan. Keluhan yang timbul selain nyeri perut, bisa juga disertai muntah, diare dan demam. Pemeriksaan dan evaluasi lebih lanjut bisa dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Yang ketiga adalah saluran kencing, organ yang bisa terlibat dari ginjal, saluran ureter, kandung kemih dan saluran urethra. Anda bisa mengalami infeksi, radang atau sumbatan akibat batu di saluran kencing. Selain nyeri di perut sebelah kiri, anda juga bisa mengalami gangguan kencing seperti jumlah yang sedikit, warnanya berubah atau perih saat buang air kecil. Pemeriksaan dan evaluasi lebih lanjut adalah dengan Dokter Spesialis Urologi.

Selain organ di saluran-saluran tersebut, bisa juga nyeri akibat gangguan otot atau tulang belakang. Untuk mengatasinya coba dikompres dengan air hangat untuk melemaskan otot atau dengan air dingin untuk mengurangi nyeri.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti pemeriksaan medis pada umumnya, tes laju endap darah mesti dilakukan di rumah sakit maupun klinik

Apa Saja yang Bisa Diketahui Dari Tes Laju Endap Darah?

Tes laju endap darah tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang spesifik. Tetapi hasil tes ini bisa membantu untuk mengetahui ada tidaknya peradangan pada tubuh Anda. Berdasarkan hasil pemeriksaan darah tersebut, dokter dapat menyarankan Anda guna melakukan tes-tes lanjutan demi mendapat diagnosis yang tepat.