Nyeri perut sebelah kanan, cek urin di laboratorium normal

WW Info Penanya: WW, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya??Kenapa ya bagian perut saya sebelah kanan sering terasa mengganjal lalu pinggang terasa sangat pegal, apa ini salah satu ciri penyakit ginjal ya??Kemarin sudah saya coba cek di rumah sakit umum purworejo, setelah di tangani sama dokter spesialis penyakit dlm katanya penyakit infeksi saluran air kencing tapi setelah cek urin di laboraturium ternyata di nyatakan normal, mohon pencerahanya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WW

Terimakasih atas pertanyaannya.

Nyeri perut sebelah kanan, ada beberapa organ di perut sebelah kanan. Nyeri perut kanan bawah dan pinggang terasa pegal memang gejala dari infeksi saluran kemih sehingga dilakukan pemeriksaan urine untuk mengkonfirmasinya. Apakah anda periksa laboratorium darah juga? Karena dari hasil pemeriksaan darah bisa menunjukkan adanya tanda infeksi. Karena infeksi pada organ perut kanan bawah yang paling ditakuti adalah usus buntu. Saran saya anda kontrol kembali dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Selain pemeriksaan darah, kemungkinan bisa dilakukan USG juga untuk melihat organ lainnya. Selain infeksi saluran kemih, bisa juga ada batu di saluran kencing. Dengan USG bisa dilihat untuk ginjalnya, apakah ada pembengkakan ginjal akibat radang atau sumbatan dari batu. Selain itu juga perlu dilihat organ hati dan empedu apakah ada peradangan atau infeksi. Bisa dengan USG ditambah pemeriksaan darah.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terkilir dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang yang menimbulkan rasa nyeri

Ginjal Anda Bermasalah Jadi Penyebab Sakit Pinggang? Belum Tentu!

Kadang sulit membedakan sakit pinggang dan masalah ginjal karena titik rasa nyeri yang berdekatan. Terkilir juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang akibat cedera saat beraktivitas.