nyeri perut saat menstruasi dan bagaimana solusinya

EA Info Penanya: EA, Wanita, 2019 Tahun
Selamat siang dok,,Saya mau tanya kalau menstruasi perutnya itu terasa sakit banget sampe mual apakah itu bisa sembuh dok atau gimana solusinya biar sembuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EAM

Sakit perut saat menstruasi atau dismenorhea merupakan kondisi yang umum terjadi. Saat tidak terjadi implantasi sel telur dan sperma di dinding rahim, maka saat menstruasi terjadi peluruhan dinding endometrium rahim disertai lepasnya pembuluh darah dan peradangan. efek yang terjadi dapat berupa nyeri perut berat disertai lemas. Hal ini merupakan kondisi normal. 

Untuk menangani rasa nyeri yang terjadi biasanya anda dapat mengkonsumsi obat NSAID seperti asam mefenamat, diclofenak atau paracetamol. Biasanya respon nyeri dapat terkontrol dengan baik seiring selesainya menstruasi. 

Jika kondisi nyeri menstruasi sangat berat disertai perdarahan yang banyak dan memanjang lebih dari 7 hari, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Sp.OG karena kondisi teerbut dapat terjadi pada beberapa keadaan seperti adanya mioma uteri. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga saat haid dengan intensitas ringan bisa dilakukan untuk mengurangi gejala PMS

Manfaat Olahraga Saat Haid dan 5 Jenis Olahraga yang Bisa Jadi Pilihan

Olahraga saat haid dapat membantu meredakan nyeri kram perut hingga meningkatkan suasana hati. Lalu, apa saja pilihan olahraga yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menstruasi?