Nyeri perut saat haid dan juga 1 minggu sebelum haid

EN Info Penanya: EN, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya eki umur saya 26 thnSaya mau bertanya,saya kan baru menikah 2 minggu yg lalu.saya haid,perut saya nyeri tp tidaj seperti biasanya.sbelum haid pun juga nyeri ada hmpir 1 minggu sblm haid.saya kasih obat nyeri tidak reda...Kira2 kenapa dok......Apa karena ada magh atau apa...Mohon solusinya...Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore ENA,

Nyeri perut dapat timbul akibat beragam hal seperti karena adanya gangguan pencernaan, gangguan saluran kemih, gangguan organ reproduksi ataupun disebabkan oleh organ yang berada di rongga perut lainnya. Lokasi dan karakter nyeri serta kondisi yang menjadi pemicunya dapat membantu dokter menentukan penyebabnya. Untuk itu jika keluhan perut masih timbul ada baiknya untuk dilakukan pemeriksaan pada dokter secara langsung. Nantinya dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG, lab darah, tes urine ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Nyeri perut saat haid sendiri dapat dikenal dengan istilah dismenorea atau kram menstruasi. Hal ini dapat disebabkan karena kontraksi otot rahim yang dapat menekan pembuluh darah sehingga menimbulkan rasa sakit. Jika nyeri hebat dapat mungkin adanya kelainan seperti endometriosis, fibroid uteri atau penyakit radang panggul.

Untuk mencegah berulang dapat dilakukan upaya untuk menjaga pola makan, rutin beraktivitas fisik seperti berolahraga, menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim dan memeriksakan diri pada dokter untuk pastinya. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

EN
06 Sep 2019, 10:44
Terima kasih dokter....Apa ada solusi lain......Mungkin bgaimana cara mengatur pola makan.....Karena saya makan terlalu banyak di perut juga sakit...Makan sedikit di perut perihh....
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.