Apa nyeri perut pertanda masuk angin?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 21 Tahun
Permisi dok, saya mau tanya dua hari terakhir ini perut saya sakit melilit tapi bukan ingin poop. Nyeri di bagian perut pusar hingga ke perut bagian kanan bawah sampai ke pinggang kanan bawah, saya berfikir itu hanya masuk angin karna sebelumnya abis keujanan juga. Kira kira kenapa ya dok? Apakah memang hanya masuk angin atau ada sebab hal lain? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SA,

Nyeri perut adalah salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh orang, dan hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Baik berupa keluhan mual, muntah, nyeri yang sifatnya hilang timbul atau menetap, diare, sembelit atau BAB yang disertai dengan darah.

Keluhan nyeri perut bagian kanan bawah sampai pinggang bisa disebabkan oleh :

  1. Infeksi saluran kemih. Keluhan nyeri perut bagian bawah ini akan disertai dengan keluhan nyeri ketika BAK, atau kencing terasa tidak tuntas, ingin kencing terus.
  2. Batu ginjal. Nyeri di pinggang yang sifatnya sangat nyeri namun hilang timbul, dan terkadang disertai dengan urin yang bercampur dengan darah.
  3. Usus buntu. Nyeri perut kanan bawah yang sifatnya terus menerus dan sangat sakit disertai dengan mual, muntah hingga demam.
  4. Radang panggul.
  5. Kista ovarium.
  6. Radang usus besar.
  7. Endometriosis. Sering disertai dengan keluhan nyeri perut bawah menjelang hingga beberapa hari selama haid, perdarahan diluar siklus haid.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah perbanyak minum air putih minimal 8 gelas setiap hari, perbanyak asupan sayur dan buah untuk melancarkan BAB, hindari menahan kencing, serta minum paracetamol untuk meredakan nyeri.

Karena penyebabnya bisa bermacam-macam, sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam bila keluhan menetap dan terasa semakin nyeri untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti USG perut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SN
24 Dec 2019, 02:01
Seeering sesak nafas
Dibalas oleh SS
24 Dec 2019, 10:06
Saya pernah mengalaminya seperti itu disertai dengan muntah & diare, serta demam, sakit perut dibagian bawah kanan dan sampai ke punggung sebelah kanan. setelah diindikasi oleh dokter dan di USG ternyata adanya batu empedu. coba langsung saja periksa ke dokter jika sudah berhari hari sakitnya. supaya lebih jelas dan ada obatnya.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.