11 Apr 2021, 09:38Perut

Nyeri perut dan sesak setiap habis makan

MG
Info Penanya: MG0
Slmt pgi dokter.. Sya mau konsultasi bagian perut saya sakit kerasa sebelah kiri atas ,di sekliling pusar dan bagian kanan perut..kalau saya isi makanan sakit dan sesak di dada.. Kenapa ya dok?
59 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi MG,Nyeri perut adalah sensasi tidak nyaman yang muncul pada bagian perut. Keluhan ini dapat terjadi di bagian perut mana saja, mulai dari di kiri, kanan, atas, bawah, maupun tengah (ulu hati). Penyebab keluhan ini biasanya dari gangguan organ perut; misalnya lambung, usus, hati, ginjal, rahim, atau kandung kemih.Apabila nyeri dirasakan di kiri, sekeliling pusar, dan bagian kanan, serta disertai dengan sesak setiap habis makan; maka kemungkinan keluhan ini mengarah ke penyakit sindrom dispepsia dan GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). Berikut uraiannya:
  • Sindrom dispepsia adalah sekelompok gejala yang muncul akibat peningkatan asam lambung. Biasanya, gejala seperti mual, muntah, nyeri perut terutama ulu hati, serta pusing dapat dialami.
  • GERD adalah kondisi ketika asam lambung refluks (naik kembali) ke kerongkongan. Penyakit ini memicu rasa panas dan sesak pada dada, serta terkadang menjadi lebih sering bersendawa.
Berikut makanan-makanan yang dapat memicunya:
  • makanan pedas
  • makanan berlemak tinggi; seperti kulit ayam atau gorengan
  • tepung terigu
  • minuman tinggi gula
  • minuman berkafein
  • alkohol
Untuk itu, coba hindari makanan tersebut dan perbanyak sayur, buah, dan makanan yang diolah tanpa digoreng. Upayakan juga minum air putih yang cukup, yaitu 2-2.5 liter per hari. Hindari rasa cemas, karena kecemasan dapat memperparah peningkatan asam lambung. Apabila tidak membaik, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter penyakit dalam ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
maaggerddispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil