10 Mar 2021, 12:01Kandungan

Nyeri perut setelah keguguran kenapa?

D
Info Penanya: D0
Dok, saya telah keguguran usia kandungan 1 bulan, lalu sampai satu minggu kemudian masih mengalami nyeri yang luar biasa di bagian perut, apakah ini normal??
260 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas pertanyaan AndaKeguguran adalah kondisi saat seseorang kehmilangan taau meninggalnya janin di dalam rahim pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Rasa sakit perut setelah keguguran bisa terjadi karena beberapa penyebab. Tergantung dari kondisi kesehatan tubuh dan juga organ reproduksi seseorang.

Beberapa kemungkinan penyebab nyeri perut setelah keguguran adalah:

  • Infeksi pada rahim dan atau organ reproduksi wanita yang lainnya
  • Sisa jaringan janin yang belum bersih dan masih tertinggal di rahim
  • Nyeri otot perut
  • Kondisi medis lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, perlu dikteahui paakah saat keguguran telah dilakukan tindakan kuretase ataukah tidak. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap keluhan nyeri perut yang terjadi. Untuk itu alangkah baiknya bila Anda segera melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk mendapatkan tatalaksana yang sesuai.Usahakan tetap menjaga kebersihan area kewanitaan, ganti celama dalam Anda secara berkala, hindari beraktivitas berat, konsumsi makan sehat bergizi, hindari kelelahan, hidari aktivitas seksual untuk sementara waktu, dan lakukan istirahat cukup.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
keguguransakit perutabortus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil