08 Dec 2020, 19:00Kandungan

Penyebab nyeri perut setelah SC dan menggunakan KB suntik 3 bulan

A
Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Halo dok saya habis lahiran sekitar 3 bulan lalu ,kenapa perut saya sering nyeri ya dok bagian kiri bawah..kadang juga bagian miss v ngilu,kalo BAK nyeri..udah pernah periksa katanya infeksi sudah minum obat ,nyeri saat BAK sudah hilang tinggal nyeri perut dan miss v..saya kb yg 3 bulan sering keluar bercak darah sudah sekitar 3 minggu..periksa katanya gara" kb..gimana ya dok?
940 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Halo A,Saya akan menjawab pertanyaan Anda.Lahiran SC merupakan lahiran yang dapat dipilih jika posisi janin sungsang, janin kembar, janin tidak maju saat persalinan atau indikasi lainnya. Proses SC yang membuka berbagai lapisan kulit dengan membuat luka, dapat menyebabkan nyeri pada bekas luka, baik karena proses penyembuhan, bekas jaringan parut, ataupun luka yang terinfeksi.

Penyebab nyeri perut

Penyebab nyeri perut antara lain :
  • Bekas luka lahiran SC yang mengalami jaringan parut, dan infeksi yang ditandai dengan luka berair berwarna kuning kehijauan, yang berbau, dan terasa gatal serta demam pada penderitanya.
  • Infeksi saluran kemih diakibatkan kebersihan organ intim yang tidak dijaga baik, keputihan, atau riwayat batu saluran kemih membuat bakteri menginfeksi saluran kemih dengan memberikan gejala nyeri saat BAK, panas, perih, dapat juga disertai demam.
  • Penggunaan KB termasuk KB hormon, KB suntik 3 bulan yang Anda gunakan karena dapat menyembabkan hormon tidak seimbang sehingga menimbulkan nyeri, keram pada perut, dan payudara.
  • Kehamilan di luar kandungan (KET) juga dapat menyebabkan nyeri perut yang amat sakit disertai badan terasa sempoyongan, lemas, karena perdarahan di dalam perut.
  • Demam tipus dapat memberikan gejala demam serta nyeri perut karena gangguan pencernaan di usus.
Bercak darah berupa flek yang Anda alami juga daat disebabkan poleh penggunaan KB hormon suntik 3 bulan. Oleh karena itu, Anda dapat mengganti Kb Anda untuk mengurangi keluhan yang ada. Ada beberapa jenis KB yang dapat Anda pilih salah satunya KB IUD/spiral. Keuntungan KB ini Anda juga dapat menunda kehamilan dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa harus mengulang KB setiap 3 bulan sekali. Karena tidak mengandung hormon, KB ini juga tidak mempengaruhi siklus menstruasi.Jika nyeri perut Anda bertambah hebat, dirasakan secara terus menerus, dengan gejala pusing, lemas, pandangan kabur, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat, dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
tes kehamilandemamkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil