Nyeri perut bawah setiap buang air kecil

YY Info Penanya: YY, Wanita, 1 Tahun
Dok setiap habis buang air kecil malam hari saya selalu merasa nyeri di perut bagian bawah.. itu pertanda apa ya dok?? Tapi klo siang tidak.. cuma malam hari aja.. trimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam YY,

Sakit perut bawah adalah keluhan yang sering terjadi terutama berkaitan dengan saluran kemih, saluran pencernaan dan juga saluran reproduksi. Masing-masing penyebab memiliki gejala yang bisa mirip tetapi ada juga gejala khasnya. 

Penyebab sakit perut bawah

Beberapa kemungkinan penyebab sakit perut bawah sendiri diantaranya adalah:

  • Infeksi saluran kemih
  • Iritasi usus
  • Infeksi usus buntu terutama jika nyeri diperut kanan bawah
  • Masalah organ reproduksi seperti kista, endometriosis, kehamilan ektopik dan lainnya
  • Masalah otot dan saraf sekitar panggul
  • Infeksi radang panggul

Untuk itu apabila nyeri sering kali timbul saat buang air kecil perlu memperhatikan beberapa hal seperti, jangan menahan keinginan buang air kecil, perbanyak minum air putih, kompres bagian perut yang nyeri dengan air hangat.

Jika keluhan disertai perubahan warna urine menjadi keruh, ada demam, mual dan muntah, rasa perih setelah buang air kecil, rasa buang air kecil yang tidak puas dan jadi sering buang air kecil maka sebaiknya bisa dilakukan pemeriksaan urine.

Apabila nantinya ada infeksi saluran kemih akan ditangani dengan diberikan obat yang tepat. Jika penyebabnya infeksi bakteri maka akan diberikan obat antibiotik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut terasa panas umumnya disebabkan karena adanya gangguan kesehatan di saluran pencernaan

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang terjadi di saluran pencernaan yang disebabkan karena pola makan yang salah, virus atau bakteri, atau terdapatnya penyakit tertentu.