Bagaimana mengatasi nyeri perut?

A Info Penanya: A
Malam dok, saya mau tanya, beberapa hari lalu saya merasakan nyeri di perut kanan bagian bawah, awalnya saya kira karena telat makan namun setelah itu saya rutin makan 3x sehari memang nyerinya berkurang namun terkadang masih nyeri beberapa waktu yang terbilang perih, namun hari ini sayapun merasakan nyeri perut di bagian kiri bawah beberapa kali. Itu disebabkan karena apa ya dok? Dan bagaimana saya menanganinya? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sakit perut merupakan suatu kondisi dimana perut mengalami rasa nyeri yang bisa disebabkan karena berbagai faktor. Sakit perut sendiri bisa terletak dimana saja. Bisa di bagian tengah, kanan atas atau bawah, kiri atas atau bawah, dan bagian bawah dekat kemaluan. 

Penyebab nyeri perut biasanya tergantung dari letak nyerinya. Seperti yang Anda alami ini, nyeri di perut kanan bawah penyebabnya bisa radang usus buntu, cholangitis, radang usus dua belas jari, batu empedu, hepatitis, dan kanker hati. Sedangkan nyeri perut kiri bawah bisa disebabkan karena radang kantung usus besar, hernia, maag, batu ginjal, konstipasi, dan nyeri haid. 

Untuk mengatasi gejala ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Menggunakan kantong pemanas (heating pad) dan mandi air hangat.
  • Melakukan diet BRAT (Banana, Rice, Apple sauce, Toast).
  • Mengkonsumsi teh, jahe, kayu manis, dan mint.
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. 

Jika tidak ada perubahan, maka saya sarankan untuk Anda melakukan pemeriksaan ke dokter langsung agar dapat diperiksa dan diberikan terapi yang sesuai.

Salam sehat,

dr. Ester 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa pilihan obat sakit perut anak sesuai dengan gejala dan penyebabnya

Obat Sakit Perut Anak yang Efektif Sesuai Gejala dan Penyebabnya

Saat anak mengalami sakit perut, umumnya orangtua akan memberinya obat sakit perut anak. Namun, sebaiknya Anda kenali gejala dan penyebab terlebih dahulu, agar dapat memilih obat sakit perut anak yang tepat.