Nyeri perut kiri bawah setelah berhubungan intim, apakah penyebabnya?

I Info Penanya: I, Wanita, 19 Tahun
Hallo doc, Saya ada keluhan, kenapa ya doc setelah berhubungan di area bawah perut sebelah kiri terasa nyeri , apakah faktor lain doc atau bagaimana? Sekian docter terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, I

Terima kasih atas pertanyaannya.

Beberapa penyebab fisik nyeri saat berhubungan dibedakan nyeri saat masuk atau sesudahnya. Selain itu ada faktor psikis juga yang berperan.

Nyeri saat penetrasi seperti kurang pelumas akibat turunnya kadar hormon estrogen setelah menopause, melahirkan atau menyusui. Bisa juga pengaruh obat tertentu seperti obat penenang, obat darah tinggi, obat alergi dan beberapa pil KB. Adanya infeksi di daerah kelamin atau saluran kencing juga bisa mengakibatkan nyeri. Kelainan kulit seperti eksim di rongga wanita juga bisa mengakibatkan nyeri. 

Nyeri setelah penetrasi bisa akibat endometriosis, infeksi saluran kemih, ambeien dan kista ovarium. Begitu juga paska operasi kandungan, tindakan kemo atau radiasi.

Faktor emosi seperti stres, cemas, depresi sehingga sulit terangsang dan kurang pelumas saat berhubungan. Termasuk juga bila hubungan sebelumnya nyeri bisa mengakibatkan yang berikutnya lebih nyeri. Dan secara tidak sadar jadi menghingari berhubungan.

Penanganan awal bisa menggunakan produk pelumas yang dijual bebas, komunikasi yang baik dengan pasangan, dan lebih banyak foreplay sebelum aktivitas utama. Saya lampirkan juga artikel mengenai nyeri saat berhubungan intim.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Quickie membuat rumah tangga berwarna

Seks Kilat Alias Quickie Tidak Memuaskan, Kata Siapa?

Ketika Anda dan pasangan sama-sama sibuk, seks kilat alias quickie bisa menjadi pilihan, untuk tetap menjaga kehangatan hubungan cinta. Seperti apa triknya, untuk bisa melakukan seks kilat, dan merasakan kenikmatannya?Hubungan seksual yang memuaskan, biasanya yang dilakukan secara perlahan, tanpa terburu-buru. Apalagi jika disertai dengan aktivitas saling memijat dan membelai bersama pasangan. Namun apa jadinya jika Anda dan pasangan tak punya banyak waktu? Seks kilat alias quickie sex pun men