Nyeri perut kiri bawah, mual, pusing kira-kira sakit apa?

P Info Penanya: P, Wanita, 29 Tahun
saya mengalami sakit di perut sebelah kiri bagian bawah. dan badan terasa lemas, d sertai sakit kepala (pusing) dan kadang sdikit rasa mual. kira2 apakah penyebabnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi P,

Keluhan nyeri pada perut kiri bagian bawah pada wanita dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  1. Infeksi saluran kemih. Penderita dengan infeksi saluran kemih seringkali mengeluh nyeri pinggang, nyeri perut bagian bawah, nyeri saat BAK, air seni yang bercampur darah, dan BAK seperti tidak tuntas.
  2. Kista ovarium. Penyakit ini seringkali disertai dengan gejala nyeri perut bagian bawah, tidak bisa BAK, gangguan pencernaan, mudah terasa kenyang.
  3. Endometriosis. Merupakan kondisi dimana jaringan rahim ditemukan di luar rahim, seperti pada ovarium dan saluran telur. kelainan ini sering menyebabkan gangguan siklus haid menjadi tidak teratur.
  4. Batu ginjal kiri. Batu pada saluran kencing bagian kiri dapat menimbulkan nyeri pada pinggang kiri maupun perut kiri, yang sifatnya hilang timbul.Namun ketika nyeri datang, maka akan terasa sangat nyeri hingga keluar keringat dingin.

Keluhan mual yang Anda alami bisa disebabkan oleh ketika Anda merasakan nyeri pada perut kiri bagian bawah, Anda merasa malas untuk makan, hal ini akan menyebabkan produksi asam lambung meningkat dan mengiritasi lambung sehingga muncul keluhan mual.

Hal sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi nyeri perut adalah dengan cara :

  1. Mengompres perut yang nyeri menggunakan air hangat.
  2. Minum teh hangat untuk merelaksasi tubuh.
  3. Minum obat penghilang nyeri seperti paracetamol.
  4. Hindari makan makanan pedas.

Bila keluhan nyeri perut ini disertai gangguan siklus haid, mual, muntah, BAK bercampur darah, segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

  

 

 

S
08 Oct 2019, 10:10
Untuk obatnya kira2 apa ya dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penanganan kista ovarium tanpa operasi, dilakukan untuk meredakan gejalanya

5 Cara Mengobati Kista Ovarium Tanpa Operasi

Gejala kista ovarium adalah nyeri yang hebat. Ternyata ada cara mengatasi penyakit ini yaitu mengonsumsi obat, olahraga, mengubah pola makan, terapi panas, pijat dan relaksasi.