Nyeri perut kanan bawah, apakah usus buntu?

A Info Penanya: A, Pria, 34 Tahun
Dokter, saya ingin tanya, perut sebelah kanan bawah saya sakit, kemungkinan radang usu buntu, tp d internet, ciri2nya tdk bs buang angin, tp sya bs buang angin dok...apa saya kena rdng usus buntu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, A

Nyeri perut kanan bawah memang ada kemungkinan ke arah usus buntu. Terutama dokter bisa menentukan ke arah usus buntu dari lokasi nyerinya. Gejala usus buntu belum tentu tidak bisa buang angin, bahkan ada beberapa yang mengalami diare atau muntah sebagai gejala tambahan.

Untuk memastikan usus buntu atau tidak, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium darah serta kencing, kemudian bisa dilakukan pemeriksaan radiologi seperti USG atau CT Scan tergantung kemampuan RS yang anda datangi.

Selain usus buntu, nyeri perut kanan bawah bisa juga akibat ada batu di saluran kencing, infeksi atau radang pada usus besar. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih adalah gangguan yang terjadi pada bagian kandung kemih atau uretra

Sering Buang Air Kecil? Bisa Jadi Infeksi Saluran Kemih

Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang berhasil masuk ke sistem saluran kemih dan menginfeksi bagian-bagian dari sistem tersebut. Infeksi saluran kemih pada bagian kandung kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E.Coli dari anus.