nyeri perut disertai keputihan dan pusing lemas

NA Info Penanya: NA, Wanita, 20 Tahun
Dok ahkir" Ini saya banyak ngerasain masalah setelah melakukan hubungan seks diawal saya nyeri perut setelah itu keputihan terus ngerasain pusing lemes punggung jg ikut nyeri itu knpa yh dok? Tolong bantu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore NA

Keluhan sakit nyeri perut disertai keputihan, lemes dan pusing pasca melakukan hubungan seksual dapat menjadi tanda penyakit radang panggul/ pelvic inflamatory disease. Adanya sumber infeksi saat melakukan hubungan seksual membuat kuman masuk ke dalam vagina dan menyebar mengenai organ dalam panggul termasuk ovarium. 

Jika terdapat faktor hubungan seksual yang tidak aman atau berganti-ganti pasangan maka mungkin penyebab infeksi berasal dari infeksi menular seksual seperti gonorhea, klamidia, sipilis. 

Saya sarankan agar anda menjaga kebersihan alat kelamin selama keputiha, hindari pemakaian sabun cebok vagina. Untuk tatalaksana sebaiknya anda perbanyak minum air putih, diet seimbang dan mengkonsumsi multivitamin. Selain itu sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter Sp.OG karena mungkin perlu menjalani pemeriksaan USG dan darah serta pertimbangan pemberian antibiotik untuk penyebab infeksi radang panggul.

Salam sehat

dr.Zulham

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri pada panggul merupakan salah satu gejala dari radang panggul kronis

Kenali Tanda Infeksi Radang Panggul agar Terhindar dari Komplikasi

Jika tidak ditangani, gejala yang dapat muncul pada penderita radang panggul kronis adalah nyeri panggul, abses, kehamilan ektopik, hingga masalah kesuburan.