Nyeri perut bawah tanpa pusing atau mual, bagaimana cara pengobatannya?

WW Info Penanya: WW, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya mau bertanya...Suamiku tiba2 saja ngrasain sakit perut bagian bawah...Ngga ad rasa pusing atau mual...Sakit perut bagian bawah cara pengobatannya bagaimana dok... Soalnya sudah tek kasih minyak kayu putih masih saja sakit katanya????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WW

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri perut adalah salah satu tanda adanya gangguan di organ dalam perut. Lokasinya bisa menjadi informasi yang sangat penting, apakah perut kanan bawah, tengah atau kiri bawah. Gambaran nyerinya juga apakah seperti tertusuk, terbakar, kembung, begah dan mulas. Pada nyeri perut bawah seringkali masalah di usus besar, usus buntu, saluran kemih atau prostat pada laki-laki. Bila tidak disertai mual kemungkinan bukan dari saluran pencernaan tapi dari saluran kemih. Apakah ada masalah pada kencing, jumlah berkurang, perih atau kemerahan?

Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan obat anti nyeri yang dijual bebas dan banyak minum air putih serta tidak menahan kencing. Bila keluhan tidak berkurang anda perlu mencari tahu penyebabnya. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter dan melakukan pemeriksaan laboratorium darah, air seni atau pemeriksaan USG bila diperlukan. Anda juga bisa membaca dahulu artikel mengenai Sakit Perut Bagian Bawah pada Pria

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada pencernaan umumnya bisa memicu geala perut terasa panas

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas hanyalah salah satu gejala dari berbagai macam gangguan kesehatan yang bisa terjadi di saluran pencernaan. Anda perlu mewaspadai dan mengobatinya agar perut panas dan gejala mengganggu lainnya tidak terus mendera Anda.