Nyeri perut bawah setelah keguguran dan kuret

L Info Penanya: L, Wanita, 26 Tahun
Assalamualaikum dok, saya Halima umur 26 tahun, saya baru saja mengalami keguguran 2 bulan yang lalu dan sudah di kuret saat usia kehamilan saya memasuki 9 minggu. Tapi kenapa ya dok sampai sekarang saya masih sering mengalami nyeri perut bagian bawah dan sangat ngilu. Apakah karena efek kuretnya? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, H.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kuret adalah suatu tindakan medis yang dilakukan kepada wanita hamil yang mengalami keguguran dengan tujuan agar janin yang ada di rahim dapat dikeluarkan sehingga rahim bersih dari sisa-sisa jaringan. Proses kuret tidak terlalu sakit karena sebelum tindakan ini berlangsung akan dilakukan anestesi terlebih dahulu. Lalu, dokter akan membuka leher rahim dengan alat yang disebut laminaria. Dokter juga memakai obat-obatan untuk membantu membuat leher rahim rileks. Setelah leher rahim terbuka cukup lebar, dokter akan menggunakan kuret untuk membersihkan lapisan rahim.

Indikasi kuret yaitu keguguran pada usia kehamilan diatas 10 minggu yang dimana cenderung tidak lengkap dan masih tersisa jaringan pada rahim. Sedangkan kehamilan usia dibawah 10 minggu, tidak perlu kuret karena biasanya keluar dengan lengkap.

Biasanya setelah dilakukan tindakan kuret akan terjadi kram perut, pusing, mual, muntah, bercak perdarahan ringan. Terjadinya kram perut merupakan hal yang wajar karena rahim membutuhkan waktu untuk kembali pulih sehabis dilakukan kuret. Namun, gejala tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Jika, terjadi perdarahan yang panjang, sakit perut, demam, cairan berbau busuk keluar dari vagina, maka itu harus diwaspadai dan segera konsultasikan ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu efek setelah keguguran yang bisa dialami oleh pihak wanita adalah peningkatan rasa sedih yang dapat memicu depresi

Setelah Keguguran: Efek dan Cara Mengatasi Keguguran

Efek setelah keguguran tidak hanya meliputi fisik saja, tetapi juga mental. Setelah keguguran, orangtua bisa mengalami berbagai emosi negatif, seperti kemarahan, rasa duka, dan sebagainya. Cara mengatasi keguguran bisa dilakukan dengan menghadapinya sebagai pasangan dan mencari dukungan dari orang-orang sekitar.