15 Nov 2020, 23:28Kandungan

apa saja penyebab nyeri perut bagian bawah pada wanita?

DR
Info Penanya: DR, Wanita, 19 Tahun
Hallo dok, saya perempuan umur 20 th. Keluhan saya nyeri di bagian perut bawah. Nyeri nya kadang muncul kadang hilang, dan rasa nyerinya itu seperti dilep sebelum menstruasi, tapi bulan ini belum mens dok. dan saya juga belum menstruasi selama 2 bulan ini dok.. (kalo telat sampe 2 bulan itu sudah sering dok saya telat mens dari smp jadi saya tidak begitu khawatir) cuman ini nyeri dibawah perut seperti dilep tapi saya tidak mens kenapa ya dok?
714 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam DR,Terimakasih atas pertanyaannya.Nyeri perut bawah pada wanita adalah kasus yang sangat lazim ditemukan sehari-hari. Nyeri dapat dirasakan hilang-timbul maupun terus-menerus dan sering menganggu aktivitas. Berdasarkan anatomi tubuh manusia, bagian perut bawah wanita terdapat organ-organ dari sistem pencernaan, sistem saluran kemih dan sistem reproduksi.Nyeri perut bawah disertai siklus haid tidak teratur pada wanita usia produktif dapat disebabkan adanya gangguan pada organ reproduksi yaitu endometriosis.

Apa itu Endometriosis? 

Endometriosis adalah kondisi dimana jaringan dinding rahim (endometrium) tumbuh tidak di dalam rahim melainkan di luar rahim seperti di rongga panggul, usus, saluran telur ataupun di indung telur. Jaringan tersebut akan ikut luluh pada saat haid namun karena tidak memiliki jalan keluar sehingga terperangkap dan menimbulkan gejala nyeri hebat saat haid. Penyebabnya belum dapat diketahui secara pasti namun ada beberapa faktor yang dapat mencetus endometriosis seperti adanya riwayat kerurunan, siklus haid yang terlalu panjang atau pendek, dan haid pertama pada usia dini, serta gangguan hormonal.

Apa saja gejalanya?

Tanda dan gejala endometriosis meliputi:
  • Nyeri hebat saat haid
  • Nyeri perut bagian bawah 1-2 minggu sebelum atau setelah haid
  • Perdarahan sangat banyak saat haid
  • Haid lebih dari 1x dalam satu bulan
  • Haid tidak teratur setiap bulan, atau tidak haid
  • Nyeri saat berhubungan seksual

Apa yang dilakukan?

Konsultasikan keluhan anda ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti dilakukannya USG atau CT-scan/MRI pada perut dan sebagainya, serta mendapatkan penanganan lebih lanjut sesuai dengan penyebabnya.

Untuk mengurangi nyeri / kram perut?

  • Obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol, ibuprofen, atau asam mefenamat
  • Kompres hangat perut yang sakit
  • Cari posisi yang nyaman
  • Asupan cairan yang cukup
Semoga bermanfaat Salam Sehat,dr. Pany CL 
siklus haidsakit perutendometriosisnyeri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil