Nyeri perut bagian bawah setelah hubungan intim. apa penyebabnya?

AF Info Penanya: AF, Wanita, 25 Tahun
Dok saya dgn suami LDR stelah brtemu 2 bln skali...kmrn sya hbungan intim stelah hbungan intim tgl 24 perut saya nyeri yg bgian bawah...sperti nyeri haid tp lumayan lama..keluat darah seperti orng menstruasi...lumayan bnyk....sdgkan saya klau nyeri haid 1 atau 2 jam sdh hilang...dan tgl 10 saya juga sudah haid dok..Apa itu bahaya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AF,

Nyeri perut bawah adalah gejala yang bisa disebabkan oleh beragam hal bisa karena gangguan pencernaan, gangguan saluran kemih, gangguan organ reproduksi dan lainnya. Jika sebelumnya melakukan hubungan intim lalu ada perdarahan bisa juga merupakan tanda awal kehamilan dimana ada sel telur yang dibuahi menempel di dinding rahim, tapi bisa juga karena penyebab lain seperti gangguan hormonal ataupun infeksi saluran kemih.

Selain itu bisa juga terjadi peradangan vagina, adanya polip di vagina dimana bisa memicu perdarahan setelah berhubungan seksual ataupun perdarahan diluar masa menstruasi.

Jadi perlu perhatikan nanti apakah ada terlambat menstruasi atau tidak, juga ada timbul keluhan nyeri perut dan gangguan saluran kemih tidak. Sementara saat ini dilakukan beberapa hal seperti:

  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari menahan keinginan buang air kecil
  • Hindari aktivitas berat
  • Kelola stres
  • Jika nyeri hebat bisa konsumsi parasetamol

Apabila nyeri perut hebat disertai perdarahan berlebihan, sering mengganti pembalut dalam sehari, perdarahan lebih dari 7 hari maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dipastikan penyebabnya salah satunya nanti akan dilakukan pemeriksaan lab darah, pemeriksaan hormonal dan USG jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama pada luka berdarah harus dimulai dengan menghentikan perdarahan terlebih dulu

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama ketika Anda Alami Luka

Kecelakaan dan keadaan darurat bisa terjadi tanpa diduga. Penting untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kondisi-kondisi tersebut, khususnya pada luka dan tersedak. Dengan ini, Anda lebih siap dan sigap dalam menanganinya, sebelum mendapatkan pertolongan medis.