Apa penyebab nyeri perut dan mual setelah beruhubungan?

IW Info Penanya: IW, Wanita, 29 Tahun
malam dok saya istri usia 30 th kenapa perut bagian bawah terasa mual sehabis berhubungan dan pinggul belakang sering sakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IW

Terima kasih atas pertanyan Anda

Diepareunia merupakan rasa sakit pada saat atau setelah hubungan seksual sering terjadi pada semua orang. Menurut penelitian, diepareunia lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Rasa tidak nyaman/sakit perut setelah berhubungan seksual bisa dikarenakan oleh gas atau penetrasi yang intens. Selain itu bisa juga disebabkan oleh beberapa hal.

Adapun hal-hal yang menyebabkan sakit perut setelah berhubungan seksual adalah sebagai berikut:

  • Infeksi saluran kencing
  • Gas atau angin
  • Reaksi emosional
  • Orgasme
  • Penetrasi yang terlalu dalam

Terkait dengan keluhan nyeri panggul bisa dikarenakan kotraksi dari otot-otot pada saat melakukan hubungan seksual. 

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara berusaha lebih rileks saat melakukan hubungan, lakukan komunikasi yang baik dengan pasangan, merubah posisi saat berhubungan yang lebih nyaman, dan sebagainya. Selain itu pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi kebutuhan cairan harian, menjaga kebersihan area kewanitaan, dan melakukan olahraga rutin agar badan tetap bugar

Jika keluhan dirasa tidak membaik, atau dirasa semakin memberat, sampaikan kepada pasangan dan segera periksakan diri Anda ke dokter terdekat agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Herpes adalah salah satu penyakit menular seksual yang bisa ditularkan lewat menjilat vagina.

Mengenal Bahaya Cunnilingus atau Menjilat Vagina, Pria Perlu Waspada

Cunnilingus atau menjilat vagina adalah bagian dari seks oral yang biasanya dilakukan oleh pasangan suami-istri, saat berhubungan intim. Ternyata, ada bahaya yang mengintai jika Anda melakukan aktivitas seksual yang satu ini.