26 May 2021, 21:43Perut

Sakit perut kanan atas disertai mulut asam, gejala GERD ?

MT
Info Penanya: MT0
Dok, 2 hari ini perut kanan atas saya nyeri, rasanya kadang seperti di tekan kadang seperti ditusuk. Kira-kira kenapa ya? Dulu waktu bulan puasa juga pernah sakit seperti ini, tapi perut kiri dan tengah juga nyeri dengan rasa sama. Dokter umum pun mendiagnosa saya Maag. Namun untuk waktu sekarang perut kiri dan tengah tidak nyeri (hanya kadang). Hanya perut kanan saya rasanya seperti yg saya keluhkan diatas. Saya tidak sesak, demam, batuk, dan mual muntah, tapi tadi pagi liur terasa asam+pahit.
136 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, M.Perut terasa sakit dapat disebabkan oleh banyak faktor karena terdapat berbagai organ di dalamnya. Gangguan dari salah satu organ dapat menimbulkan gejala nyeri yang berbeda-beda, dimana diikuti rasa mual, muntah, gangguan BAB, diare, konstipasi, nyeri saat berkemih, bahkan demam.

Apa yang menyebabkan nyeri perut kanan atas ?

Keluhan nyeri perut kanan atas yang Anda alami tanpa ada rasa sesak, demam, batuk, mual, muntah, namun diikuti rasa asam dan pahit di mulut dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Maag atau disebut dengan dispepsia saat telat makan, makan makanan yang memicu peningkatan asam lambung seperti pedas, soda, alkohol, kopi.
  • GERD dimana asam lambung yang naik mengiritasi esofagus, menimbulkan sensasi terbakar di dada, mulut terasa asam dan pahit.
  • Infeksi saluran pencernaan karena demam tipes, memberikan gambaran mulut terlihat berwarna putih, asam, pahit, diikuti mual, diare atau konsipasi.
  • Batu empedu akibat terlalu banyak makan makanan berlemak.

Bagaimana cara mengatasi nyeri perut kanan atas ?

Cara mengatasi nyeri perut kanan atas antara lain :
  • Mengatur porsi dan jenis makanan yang dimakan.
  • Hindari tiduran setelah Anda makan.
  • Pelan-pelan saat makan.
  • Konsumsi makanan bergizi dan bersih.
  • Hindari makanan tinggi lemak dan junk food.
Jika nyeri perut kanan atas semakin memberat diikuti mual muntah hebat, lakukan USG abdomen di dokter penyakit dalam.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
gerddemam tifoiddispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil