Nyeri persendian jari tangan dan pergelangan tangan saat bangun tidur. Gejala apakah?

AR Info Penanya: AR, Pria, 41 Tahun
Persendian di jari tangan dan pergelangan tangan terasa kaku,sakit dan ngilu saat bangun tidur,gejala apakah itu dokter ? terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AR

Anda mengalami peradangan sendi atau dalam bahasa medis disebut athritis bisa akibat rheumatoid athritis (faktor imunitas) atau osteoarthritis (faktor usia). Seringkali gejalanya adalah kekakuan di pagi hari sehingga menggerakkan sendi menjadi sulit dan lambat. Bisa terjadi di kedua sisi tubuh dan akan membaik setelah lebih banyak bergerak. Beberapa tips untuk mengatasinya adalah mulai dengan gerakan pelan dan ringan sebelum anda bangun tidur. Gerakkan semua sendi anda dengan gerakan memutar, menekuk dan merenggang dengan lembut. Bisa juga menggunakan terapi hangat seperti mandi dengan air hangat untuk mengurangi kekakuan sendi. Olahraga ringan selama 5 menit tiap paginya.

Anda juga bisa menggunakan obat nyeri serta menggunakan krim untuk sendi yang tersedia bebas di pasaran. Sarapan yang sehat dan bergizi terutama dengan kadar vitamin D dan kalsium tinggi. Bisa juga dalam bentuk suplemen. Selain itu anda bisa menggunakan tenaga profesionnal seperti akupunktur, terapis dan Dokter untuk penatalaksanaan selanjutnya.

Ketahui Penyebab Rematik Berdasarkan Jenisnya

Tips Mudah Mengatasi Gejala Rematik

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Persendian sakit dan pembengkakan menjadi tanda rheumatoid arthritis

Persendian Sakit Bisa Jadi Tanda Chikungunya dan Rheumatoid Arthritis, Apa Bedanya?

Persendian sakit dapat menjadi penanda berbagai penyakit, seperti chikungunya dan rematik (rheumatoid arthritis). Persendian sakit membuat penderitanya tidak nyaman karena sendi membengkak dan terasa nyeri.