Nyeri persendian antara tangan dan bahu

JK Info Penanya: JK
Nyeri pada persendian antara tangan dan bahu,klu tangan di angakt ke samping dan ke atas terasa nyeri tpi klu biasa ke bawah tidak,kanapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore JK,

Nyeri pada bahu dapat timbul karena beragam hal mulai dari aktivitas fisik sehari-hari, kebiasaan mengangkat berat, gerakan yang tidak wajar, benturan ataupun cedera karena olahraga atau terjatuh, posisi tubuh yang kurang baik saat beraktivitas dan lainnya. Dimana kondisi ini bisa menimbulkan gangguan baik pada otot, tulang, ligamen, sendi ataupun persarafan di area sekitar lengan dan bahu.

Untuk meredakan nyeri pada bahu yang timbul bisa dilakukan dengan mengistirahatkan bahu yang nyeri, gunakan kain atau armsling untuk membantu mengurangi beban pada bahu, kompres bagian yang nyeri menggunakan kompres dingin, hindari posisi tubuh yang kurang baik saat beraktivitas, dan juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau menggunakan obat anti nyeri oles untuk mengurangi nyeri.

Jika keluhan menetap, sulit menggerakan tangan atau gerakan menjadi terbatas, timbul pembengkakan, timbul nyeri hebat maka perlu untuk segera diperiksakan pada dokter agar diketahui penyebabnya dan dilakukan penanganan yang sesuai. Dokter juga bisa meminta pemeriksaan tambahan seperti lab darah, USG, foto rontgen atau pemindaian dengan MRI jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Daun salam segar maupun yang telah dikeringkan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan

Tak Hanya untuk Masakan, Ini Dia Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Manfaat daun salam tak hanya untuk menambah aroma masakan saja. Mulai dari mencegah kanker hingga mengatasi ketombe, manfaat daun salam sangat beragam.