Nyeri dari leher hingga pergelangan tangan

BS Info Penanya: BS, Pria, 47 Tahun
Kurang lebih 4/5 bln kebelakang hg skrg, sy merasa kan ga nyaman dgn bagian tubuh saya yaitu dr mulai leher, tengkuk, belikat, lengan hingga ke pergelangan tangan sebelah kanan, yg saya rasakan adalah rasa nyeri ckot ckot bgtu, terutama di bagian lengan atas hingga pergelangan sebelah kanan, pertanyaan sy, ada penyakit apa dr keluhan yg sy utarakan tsb, dan bgmn penanganannya, trm kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri yang dirasakan menjalar dan disertai dengan adanya sensasi kesemutan umumnya berhubungan dengan gangguan pada sistem saraf. Kerap kali keadaan tersebut terjadi karena adanya cedera pada saraf yang dapat diakibatkan oleh berbagai faktor.

Beberapa kondisi medis yang menimbulkan gejala nyeri yang menjalar diantaranya adalah :

  • neuropati (rusaknya sistem saraf tepi)
  • radikulopati (kerusakan pada akar saraf di sekitar area tulang belakang)
  • cedera otot dan ligamen atau jaringan penghubung antar tulang
  • gangguan pada tulang, sendi maupun diskus (bantulan antar tulang)

Terkait dengan pertanyaan Anda, masih terdapat beberapa kemungkinan kondisi medis yang mendasari seperti yang telah saya paparkan. untuk memastikan perlu diperiksakan secara langsung kepada dokter agar dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh. Dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen atau MRI untuk melihat letak kelainnanya.

Sementara Anda dapat mengompres bagian yang nyeri dengan kompres hangat, mengoleskan krim capcaisin, konsumsi vitamin b kompleks dan mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek bergolongan asetaminofen.

Hendaknya aktivitas berlebih pada bagian tubuh yang nyeri khususnya lengan untuk sementara dihindari atau dikurangi serta hindarilah makanan yang tidak sehat karena dapat memeperburuk kondisi nyeri. 

Jika keluhan berkelanjutan sebaiknya Anda memeriksakan gejala yang dialami ini ke dokter Spesialis Saraf.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain obat syaraf kejepit, ada prosedur lain yang bisa dilakukan seperti operasi.

Obat Saraf Terjepit Ini Bisa Redakan Rasa Nyeri yang Mengganggu

Syaraf kejepit mengundang rasa sakit yang tak tertahankan. Jika tidak cepat ditangani dengan obat syaraf terjepit, rasa nyeri bisa terus muncul sehingga mengganggu hidup Anda. Kenalilah beragam obat syaraf kejepit supaya bebas dari nyeri.