18 Sep 2021, 16:00Kulit & Kelamin

Penyebab timbul benjolan di area puting payudara, apakah FAM ?

AI
Info Penanya: AI0
permisi dok, umur saya 18th saya mau tanya, saya punya seperti benjolan di area puting di kedua dada saya, namun jika benjolan tersebut saya pegang atau senggol, benjolan tersebut seperti pindah ke area lain namun saya tidak tau pindah kmn, terus juga kalo saya misal tidak sengaja menyenggol payudara, itu terasa sedikit nyeri, apakah itu termasuk tumor atau gimana ya dok? saya ragu2 tapi saya juga panik dok, terima kasih sebelumnya
118 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, A.Saat teraba benjolan pada payudara baik wanita yang sudah menikah atau gadis remaja, ini dapat menimbulkan rasa khawatir, terutama jika benjolan pada payudara terasa nyeri dan bertambah besar.

Apa yang menyebabkan timbul benjolan di area puting payudara ?

Anda yang berumur 18 tahun, terdapat benjolan di area puting di kedua dada. Jika benjolan tersebut Anda pegang atau senggol, benjolan tersebut seperti pindah ke area lain. Saat tidak sengaja menyenggol payudara, terasa sedikit nyeri, dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Fibroadenoma atau FAM.
  • Intraduktal papilloma.
  • Fibrosis dimana benjolan teraba kenyal dan padat.
  • Kista merupakan benjolan berbentuk kantung yang berisi cairan.
Beberapa penyebab benjolan di atas merupakan tumor jinak yang tidak berbahaya dan tidak perlu Anda cemaskan. Namun Anda tetap harus mengobservasi benjolan pada payudara, lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara berkala.Jika benjolan pada payudara teraba keras, bertambah besar, sangat nyeri, berbenjol-benjol, keluar cairan dari puting, terjadi perubahan pada kulit payudara, maka segera konsultasi ke dokter spesialis bedah.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kanker payudaratumor jinak payudaraabses payudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil