28 May 2020, 18:58Penyakit Lainnya

Nyeri payudara, apa saja penyebabnya ?

SS
Info Penanya: SS, Wanita, 20 Tahun
Selamat malam dok, saya ingin bertanya ttg nyeri payudara yang saya alami dari tanggal 25 mei yang lalu, payudara saya terasa sakit jika disentuh, saya pikir ini gejala pms tapi saya baru saja selesai mens tanggal 9 mei, apa kira-kira dok penyebab nyeri payudara ini?
22477 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, SS.Nyeri payudara merupakan sensasi nyeri pada bagian payudara yang mungkin terjadi ketika disentuh ataupun tidak dan dapat berupa nyeri yang tajam serta rasa penuh. Dalam istilah medis nyeri payudara dikenal dengan sebutan mastalgia. Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan nyeri pada payudara, baik berupa faktor yang ringan hingga yang lebih serius.

Berikut faktor-faktor spesifik yang dapat menimbulkan nyeri pada payudara, diantaranya adalah :

  • pengaruh dari organ reproduksi
  • adanya ketidakseimbangan hormon
  • ukuran payudara yang cenderung terlalu besar
  • faktor nonhormonal seperti gangguan otot
  • infeksi
  • nyeri payudara yang berasal dari faktor lain di dinding dada
Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin terjadi karena salah satu faktor dan kondisi diatas. Ada baiknya Anda juga melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) untuk mengetahui adanya benjolan atau tidak, karena dapat disebabkan oleh tumor jinak maupun ganas. Namun apabila penyebabnya merupakan faktor yang cenderung ringan seperti gangguan otot dan pengaruh organ reproduksi yang sementara, umumnya keluhan nyeri dapat menghilang dalam waktu yang relatif singkat.Sementara Anda dapat melakukan kompres dingin pada bagian payudara yang nyeri, mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek dan mengonsumsi suplemen kalsium untuk membantu meredakan keluhan nyeri.Jika keluhan nyeri berlangsung melebihi beberapa minggu dan semakin memberat, segeralah periksakan diri Anda.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
masalah ototmasalah reproduksinyeripayudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil