Nyeri Payudara pada Remaja

H Info Penanya: H, Wanita, 16 Tahun
Saya usia 16thn,tahun 2017 saya mengalami gatal di payudara kanan. Beberapa bulan kemudian yg kiri juga sama. Dan payudaranya juga mengeluarkan cairan coklat,dan saat melepas bra kulit nya menempel di bra. Terus tahun 2018 akhir, payudara saya yg kiri agak besar,sedangkan yg kanan tidak berubah.Ukurannya juga gak terlalu beda,tapi merasa ga nyaman aja. Dan kemarin pagi saya merasakan nyeri dipayudara kiri saya,dan saya raba ternyata ada benjolan di atas puting lebih tepatnya dekat dengan puting,saat saya tekan pelan,terasa nyeri. Apa itu penyakit serius atau bagaimana? Penyebabnya dan cara mengatasinya bagaimana yah dok?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, H

Nyeri pada payudara anda kemungkinan disebabkan oleh peradangan akibat infeksi. Pada perempuan yang belum menyusui bisa diakibatkan masuknya bakteri. Bakteri bisa masuk akibat lecet pada puting atau kulit pecah-pecah. Bakteri tersebut bisa masuk ke kelenjar air susu dan akibatnya akan membengkak.

Cara mengatasinya anda perlu konsultasi dengan Dokter bila memerlukan terapi antibiotik. Untuk mengurangi gejala ada beberapa hal yang anda bisa lakukan, seperti :

- banyak minum air putih

- gunakan bra dan pakaian yang longgar

- istirahat yang cukup

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh H
13 Jul 2019, 11:50
Nama penyakitnya apa yah dok? Apa penyakit seperti itu serius atau tidak? . Karna saya orangnya gampang cemas dok,Apalagi sakitnya di payudara.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai mitos kesehatan yang masih umum dipercaya, seperti takaran air putih, obat detoks, hingga penyebab pilek

Beberapa Mitos Kesehatan Ini Sama Sekali tidak Bisa Anda Percaya

Minum air harus 8 gelas sehari? Ternyata itu isapan jempol belaka. Anda juga masih percaya dengan produk-produk detoks, yang sayangnya belum terbukti kebenarannya. Ada beberapa mitos kesehatan lain, yang mungkin masih Anda dan keluarga yakini hingga sekarang.