nyeri paska operasi pergelangan tangan dan jari tengah

D Info Penanya: D
Dok mau tanya, paska operasi pergelangan tangan dan jari tengah kok rasa y nyeri ya, apa itu wajar" saha
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, DA

Terimakasih telah bertanya di SehatQ.

Pasca operasi pada patah tulang, memerlukan waktu untuk bisa kembali pulih. Selama proses pemulihan ini dapat timbul beberapa keluhan seperti salah satunya adalah rasa nyeri, selain itu prosedur operasi juga bisa berpengaruh pada organ lain di area pergelangan tangan selain tulang seperti sendi, otot, ligamen, dan struktur lain yang bisa menimbulkan keluhan. Beberapa keluhan yang bisa timbul pasca operasi sendiri diantaranya adalah:

  • Rasa nyeri
  • Infeksi pada luka bekas operasi
  • Menimbulkan perdarahan
  • Masalah otot
  • Iritasi
  • Cedera pada organ disekitar area operasi

Untuk mengatasi keluhan nyeri dapat dilakukan dengan kompres dingin bagian yang nyeri, istirahatkan tangan yang mengalami nyeri, posisikan tangan berubah-ubah untuk mengurangi rasa kaku karena posisi tangan yang statis. Nantinya juga setelah berjalan pemulihan, perlu dilakukan latihan untuk mengembalikan kekuatan lengan supaya mampu beraktivitas seperti sedia kala. Fisioterapi biasanya dilakukan beberapa minggu pasca operasi. Konsumsi obat yang diberikan dokter sesuai anjuran dan lakukan kontrol secara berkala untuk memantau proses penyembuhan operasi. Semoga bermanfaat penjelasan ini.

Salam sehat,

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pergelangan tangan terkilir mungkin tampak sepele, namun sebaiknya tidak dianggap remeh

Awas, Pergelangan Tangan Terkilir Bisa Buat Anda Naik Meja Operasi

Pergelangan tangan terkilir mungkin terdengar sepele. Tapi cedera ini memiliki tiga tingkat keparahan yang perlu diperhatikan. Butuh bantuan dokter untuk mendiagnosisnya secara akurat dan memberikan langkah perawatan yang sesuai dengan derajat keparahan.