Nyeri pasca operasi gigi. Apa penyebabnya?

A Info Penanya: A, Pria, 31 Tahun
Selamat malam dokter..setelah melaksanakan operasi gigi bedah mulut, sudah hampir 1 minggu ini gigi saya kok belum sembuh juga ya dok..kok rasanya gigi saya, kok tambah cekot2...Mohon saranya dokterTerima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan setelah prosedur pencabutan gigi atau operasi gigi, bisa berbeda tiap orangnya. Secara umum, nyeri dan rasa tidak nyaman akan mereda setelah satu minggu. Namun, lubang pencabutan umumnya baru akan benar-benar tertutup setelah beberapa bulan. Jika setelah satu minggu, rasa nyeri belum juga reda, maka sebaiknya Anda periksakan kembali kondisi Anda ke dokter gigi semula.

Salah satu kondisi yang bisa menyebabkan tertundanya penyembuhan pasca pencabutan adalah dry socket. Dry socket adalah kondisi yang terjadi saat lubang bekas pencabutan, tidak tertutup dengan sempurna oleh gumpalan darah. Hal ini menyebabkan saraf di area tersebut terbuka, dan mudah terkena rangsang panas maupun dingin dari makanan yang Anda konsumsi.

Lepasnya gumpalan darah juga bisa menyebabkan nyeri karena sisa makanan bisa masuk ke lubang bekas pencabutan, sehingga memicu timbulnya peradangan dan rasa nyeri.

Kondisi ini hanya bisa ditangani oleh dokter gigi, karena diperlukan bahan khusus untuk membersihkan lubang bekas pencabutan dari sisa makanan. Dokter juga akan meresepkan obat pereda rasa nyeri untuk Anda, agar rasa tidak nyaman bisa berkurang. Konsultasikan ke dokter gigi jika keluhan tidak berkurang.

Anda juga dapat membaca artikel berikut ini.

Semoga bermanfaat. Salam sehat.

dr. Reni Utari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit seperti diabetes dan naiknya asam lambung bisa membuat mulut terasa pahit

Secara Medis, Ini Alasan Mulut Terasa Pahit

Mulut terasa pahit atau lidah terasa pahit bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari naiknya asam lambung hingga efek obat. Kondisi ini juga disebut dengan dyegeusia.