16 Jun 2020, 14:14Penyakit Lainnya

Nyeri paha dan betis terutama saat diluruskan

MF
Info Penanya: MF, Pria, 20 Tahun
Halo, saya ingin bertanya, apabila terjadi nyeri pada paha dan betis bagian belakang itu kenapa ya? Betis dan paha sendiri tidak mengalami bengkak ataupun merah, namun rasanya nyeri dan sakit terutama saat diluruskan Terimakasih
26777 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang MF,Nyeri pada paha dan betis adalah keluhan yang bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti cedera otot, sendi, ligamen, masalah tulang, tendon, ataupun bisa karena masalah saraf seperti skiatika, masalah pembuluh darah seperti varises dan lainnya.Masalah cedera sendiri sering kali timbul pada otot hamstring yang ditandai dengan nyeri pada bagian belakang paha atau bokong, otot kaki menjadi lebih lemah, adanya rasa terbakar saat melakukan aktivitas, sulit berjalan, adanya memar dan lainnya.Cara mengatasi nyeri pahaUntuk mengurangi nyeri sendiri bisa dilakukan beberapa cara seperti:
  • Lakukan peregangan sebelum beraktivitas
  • Kompres bagian yang nyeri dengan es atau air dingin
  • Posisikan kaki lebih tinggi dari badan saat beristirahat
  • Gunakan dekker paha atau thigh support
  • Minum obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen
Jika keluhan tidak membaik maka perlu diperiksakan, nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan tambahan seperti USG, pemindaian dengan MRI, foto rontgen dan pemeriksaan lain yang dibutuhkan.Penanganan sendiri nanti akan disesuaikan dengan penyebabnya dan berat ringannya kondisi. Bisa dilakukan penanganan dengan pemberian obat, fisioterapi ataupun jika memerlukan tindakan seperti operasi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
cedera pahacedera ototkram ototcedera hamstring
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil