Nyeri pada vagina saat berubah posisi pinggul

AS Info Penanya: AS, Wanita, 17 Tahun
Dok saya mau tanya, beberapa hari yang lalu tiba2 vagina saya nyeri seperti tertekan. Nyeri kadang2 muncul kalau pinggul saya pindah arah. Sebenarnya ini penyakit apa ya dok ? karena saya masih remaja dan takut terjadi dampak di usia nantinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Nyeri pada vagina dapat disebabkan oleh beragam hal, bisa karena adanya benjolan akibat adanya kista, adanya peradangan pada vagina, adanya pelebaran pembuluh darah, adanya hernia, karena radang panggul ataupun karena masalah lain seperti nyeri otot dan lainnya.

Jika nyeri sering kali dirasakan saat merubah posisi, hal tersebut bisa dipicu oleh masalah anatomi seperti masalah otot, sendi, ataupun tulang. 

Untuk memastikannya karena gejalanya tidak khas, ada baiknya minta orang tua untuk mengantar memeriksakan diri pada dokter. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan yang diperlukan.

Perhatikan juga gejala lain apa yang timbul saat nyeri seperti misalnya jika terjadi pembengkakan terjadi agar membantu memberikan informasi tambahan pada dokter untuk menentukan penyebabnya.

Untuk meredakan nyeri bisa dilakukan beberapa hal seperti:

  • Hindari gerakan yang menimbulkan nyeri
  • Kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin atau hangat
  • Minum pereda nyeri seperti parasetamol

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bokong sakit yang biarkan terus-menerus dapat mengganggu aktivitas

Bokong Sakit Terasa Mengganggu? Kenali Pemicunya

Bokong sakit adalah salah satu keluhan yang umum dirasakan orang yang telah lanjut usia. Namun ada beberapa penyebab bokong sakit, mulai dari luka akibat jatuh hingga penyakit tertentu.